Euro 2016 Sejarah Buat Britania Raya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Bola

Euro 2016 Sejarah Buat Britania Raya

FAJAR.CO.ID, LONDON – Euro 2016 menjadi sejarah besar buat Britania Raya. Empat dari lima anggota Britania Raya, Inggris, Irlandia, Irlandia Utara, dan Wales, untuk pertama kalinya lolosnya ke pesta sepak bola terbesar Eropa. Seandainya Skotlandia lolos, makin lengkaplah wakil Britania Raya.

Inggris menempati unggulan pertama bersama Spanyol, Prancis, Jerman, Portugal, dan Belgia. Sementara tiga anggota Britania Raya lainnya, Irlandia, Irlandia Utara, dan Wales menempati pot terbawah alias keempat.

Dengan konfigurasi tersebut, kans duel sesama negara Britania Raya sangat terbuka di level grup. Bisa Inggris versus Irlandia. Atau Inggris lawan Irlandia Utara. Juga Inggris melawan Wales. Duel sesama negara Britania Raya ini pasti punya aroma persaingan yang sengit.

Buat Inggris kelolosan ke Euro 2016 ini adalah yang kesembilan kalinya. Lantas buat Irlandia yang ketiga. Irlandia Utara dan Wales, Euro 2016 ini adalah turnamen mayor perdananya.

Nah, meski baru pertama kalinya Irlandia Utara dan Wales lolos ke Euro dengan jalan yang meyakinkan. Irlandia Utara tampil sebagai juara grup F. Sebagai pemuncak grup F, Irlandia Utara melewati Rumania dan Hungaria serta jawara Euro 2004 Yunani.

Wales pun tak kalah menakjubkan. Berkompetisi di grup B bersama Belgia, Bosnia Herzegovina, dan Israel, Gareth Bales dkk finis di posisi kedua. Dari sepuluih kali main, Wales mengumpulkan poin 21 hasil enam kali menang, tiga imbang, dan sekali kalah.

Inggris memang tak perlu dipertanyakan lagi. Wayne Rooney mencatatkan hasil perfect dalam sepuluh laga. Sepuluh laga di kualifikasi tanpa kekalahan. Bahkan gawang Joe Hart hanya kebobolan tiga gol. Barisan depan Inggris mencetak 31 gol.

Yang paling terseok-seok adalah Irlandia. Playoff Euro 2016 ini adalah yang keempat buat The Green Army, julukan Irlandia, untuk ajang Euro. Rekor empat kali playoff Irlandia, dua kali lolos, dua kali gagal.

Pelatih Irlandia Martin ”Neill seperti dikutip dari The Irish Time kemarin (18/11) mengatakan tertantang dengan status kelolosan playoff. Dianggap underdog, Robbie Keane dkk siap mengejutkan.

Mengenai kemungkinan rivalitas versus Inggris di babak penyisihan grup, mantan pelatih Aston Villa itu sudah siap. Bahkan secara jujur, ”Neill menanti hal tersebut terealisasi di Prancis musim panas mendatang.

”Kami senang jika bertemu Roy Hodgson dan skuadnya yang luar biasa itu. Tak bisa dibohongi kalau kami senang lolos meski harus melalui pertandingan yang lebih banyak dibandingkan Inggris, Wales, dan Irlandia Utara,” ucap Neill.

Malahan karena harus menambah dua laga untuk playoff, ”Neill yakin skuadnya semakin matang dan kompak. Lihat saja bagaimana mereka comeback dan menang di Dublin usai di laga sebelumnya tertahan 1-1 di Zenica lawan Bosnia.

Sementara itu, pelatih timnas Wales Chris Coleman memilih untuk menghindari satu grup dengan Inggris di Euro 2016 mendatang. Sebab bagaimanapun juga Inggris adalah salah satu kekuatan utama sepak bola dunia saat ini.

”Namun saya akan mengagendakan pertandingan uji coba melawan Inggris. Sangat penting mengetahui sejauh mana kekuatan kita. Sebab melawan Inggris setara bentrok dengan kekuatan besar seperti Jerman atau Spanyol,” tutur Coleman seperti diberitakan BBC. (dra)

loading...
Click to comment
To Top