Menhub Minta Rekaman Suara Desahan di Kopot Lion Air JT 990 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Menhub Minta Rekaman Suara Desahan di Kopot Lion Air JT 990

FAJAR.CO.ID, PAPUA – Merespon kabar tentang adanya suara desahan di kopkit pesawat Lion Air JT 990 rute Surabaya-Denpasar pada 14 November lalu, Kementerian perhubungan meminta rekaman penerbangan pesawat tersebut. Kemenhub akan mengecek kembali soal laporan suara desahan dan perilaku kopilot lainnya di pesawat.

“Kita minta rekamannya, apa yang dibicarakan. Kalau di luar prosedur, akan ada sanksinya,” kata Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Suprasetyo saat mendampingi kunjungan Menhub Ignasius Jonan di Yahukimo, Papua, Kamis (19/11/2015).

Kini kopilot pesawat tersebut sudah dilarang terbang, untuk keperluan pemeriksaan. Kemenhub juga masih menunggu laporan resmi dari pihak Lion Air.

“Kalau pelanggarannya menyebabkan gangguan penerbangan bisa (sanksi). Saya belum dapat laporan resmi, baru isu,” katanya.

Sebelumnya dikabarkan, seorang penumpang bernama Lambertus mengaku mendengar suara aneh seperti desahan di pengeras suara kopilot.

Saat pesawat take off, lampu kabin dimatikan. Penumpang sempat melihat ada gerak-gerik orang, namun tak jelas siapa. Tak lama kemudian, ada suara-suara aneh kembali terdengar di pengeras suara pesawat. Suaranya seperti desahan. Terdengar juga suara seperti memanggil seseorang.

“Susah digambarkan (suaranya). Yang pasti desahan,” kata penumpang bernama Lambertus. Ia mengatakan suara itu muncul beberapa kali. Penumpang di pesawat semakin ketakutan karena suara itu terdengar saat momen krusial dalam penerbangan. (ril/PJ1)

loading...
Click to comment
To Top