Alasan Jokowi Batal ke Buton Tahun Ini – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Alasan Jokowi Batal ke Buton Tahun Ini

FAJAR.CO.ID, PASARWAJO – Rencana kedatangan Presiden RI, Joko Widodo ke Buton untuk melaunching Buton Aspal Nasional (Butonas) dipastikan tidak jadi tahun ini. Jokowi akan ke Buton bila pabrik Butonas selesai dikerjakan, sebagaimana permintaannya.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Buton, Drs La Bakry. Dikatakan, pabrik produksi aspal tersebut awalnya direncanakan selesai pada Juni 2015 lalu. Namun hingga kini terhambat karena kesalahan pemilihan lokasi pendiriannya.

“Salah pilih lokasi, karena lokasinya itu labil akhirnya dibongkar kembali dan bikin yang baru. Pabrik itukan untuk jangka panjang bukan untuk satu dua tahun saja, jadi untuk tahun ini seperti belum (selesai dikerjakan, red),” ucapnya kepada sejumlah wartawan usai Sidang Paripurna Rancangan Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) di Kantor DPRD Buton, Selasa (17/11).

Bila pembangunan pabrik tersebut rampung kata dia, baru diagendakan kembali kedatangan Jokowi. Sebab, launching Butonas merupakan keinginan Jokowi sendiri agar Aspal Buton menjadi tuan rumah di Indonesia.

“Ini memang keinginan bapak presiden sendiri yaitu menjadikan Aspal Buton tuan rumah di negeri sendiri,” katanya.

Jenis produk Butonas yang akan dilaunching Jokowi tersebut berupa A99, ARMA, Movail Oil, dan A60 yang kesemuanya merupakan jenis aspal unggulan.

“Semua produk yang dihasilkan nanti itu semua unggulan. Kalau jenis aspal yang pernah diuji di Purwakarta itu jenis A25 dan A60, dan itu semua untuk jalan. Lain halnya dengan jenis A99 akan dijadikan bahan industri karna banyak produk-produk yang membutuhkan bahan baku aspal,” tandasnya. (p11/Buton Pos)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top