Disperindkop UMKM Kudus Genjot Pemasaran IKM – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Disperindkop UMKM Kudus Genjot Pemasaran IKM

KUDUS – Selain menyelenggarakan even pameran UMKM di tingkat lokal yakni Kudus Expo, Dinas Perindustrian Koperasi dan UMKM melalui Bidang Perindustrian terus menggenjot pemasaran para Industri Kecil Menengah (IKM) agar produknya semakin dikenal luas.

Setelah sebelumnya mengirimkan IKM ke even pameran Perdagangan, Pariwisata, Kerajinan dan Industri Kreatif di Bogor. Yakni IKM Kopi dan Sofa Shoofa , kemarin memberangkatkan empat IKM kudus untuk mengikuti pameran di Gedung Jakarta Convention Centre Senayan Jakarta. Mereka adalah Sarung Instan Ghaida Colection, Barokah Toys, Bordir dan keripik Parea.
Kepala Bidang Perindustrian Dinas Perindustrian, Koperasi dan UMKM Kabupaten Kudus, Koesnaini, menjelaskan, dengan mengikuti pameran diharapkan IKM tersebut dapat berkembang dan luas pangsa pasarnya. Anggaran untuk mendukung pemasaran IKM ini menggunakan dana DBHCT. Hal ini sesuai regulasi pemanfaatan DBHCHT yaitu Peraturan Menteri Keuangan nomor 20/PMK.07/2009 tentang Perubahan PMK 84/PMK.07/2008 tentang Penggunaan DBHCHT dan Sanksi Atas Penyalahgunaan Alokasi DBHCHT dan Peraturan Bupati nomor 32 tahun 2013 tentang Pedoman Pengelolaan DBHCHT di Kudus.
“Ini sebagai langkah percepatan agar IKM-IKM di Kudus semakin dikenal luas seluruh Indonesia. Jakarta merupakan barometer pemasaran barang produksi di Indonesia ,” ujar Koesnaini, sebelum memberangkatkan ke empat IKM menuju Jakarta.
Menurut Koesnaini, selain dibantu dengan pemasaran melalui pameran, IKM di Kudus juga terus ditingkatkan kualitasnya melalui pelatihan-pelatihan sesuai dengan produk masing-masing.
“Setelah teori di kelas, mereka kita berangkatkan studi banding ke sasaran yang produknya sudah berhasil di kota lain. Misalnya ke Semarang, Jogja atau solo. Sehingga wawasan IKM makin bertambah,” imbuhnya.
Kurniati Setyaningsih, IKM pemilik sarung instan asal Desa Bakalan Krapyak mengaku sangat senang dengan fasilitiasi dari Bidang Perindustrian Disperindkop UMKM Kudus.
“Ya tentu kita sangat senang bisa difasilitasi pameran di JCC senayan. Kita ini kan masih IKM yang modalnya masih diutamakan untuk produksi. Sehingga dengan adanya fasilitasi pameran tentu kita maksimalkan sebaik-baiknya untuk menambah jaringan ke Jakarta. Ternyata sambutan disini sangat baik. Sudah ada dua orang yang ingin menjadi agen sarung instan ,” jelas Nia, panggilan akrabnya.
“Ini teman yang IKM keripik parea juga dapat calon distributor dari Bogor. Selain itu juga mendapat tawaran untuk menjadi mentor di kabupaten memberamo Papua. Jadi bisa membuka pasar di Papua juga ,” imbuhnya. (sf)

loading...
Click to comment
To Top