Kepengurusan Pusat Masih Bermasalah, Bantuan Keuangan PPP dan Golkar Ditunda – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Kepengurusan Pusat Masih Bermasalah, Bantuan Keuangan PPP dan Golkar Ditunda

TEMANGGUNG – Akibat masih adanya permasalahan di pengurusan pusat, bantuan keuangan politik tahun 2015 untuk Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Kabupaten Temanggung tertunda pencairannya. Pada tahun ini bantuan keuangan parpol untuk Kabupaten Temanggung mencapai Rp819, 26 juta.

Ditemui di kantornya Kamis (19/11), Kepala Kantor Kesatuan Kebangsaan Politik (Kesbangpol) SFK Kuncoro, membenarkan adanya penundaan penyaluran dana bantuan keuangan politik untuk PPP dan Golkar. Hal tersebut dilakukan berdasarkan intruksi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Lewat surat Kemendagri tanggal 1 September yang ditandatangani Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Sudarmo, diminta untuk menunda dahulu penyaluran bantuan keuangan untuk Golkar dan PPP.
“Tahun 2015 ini Golkar mendapat bantuan Rp160,20 juta lebih, sementara PPP mendapat Rp112,93 juta lebih, tapi karena ada permasalah di pusat belum kita salurkan, sesuai intruksi Kemendagri,” terangnya.
Ia menuturkan, dalam surat Kemendagri itu disebutkan, penyaluran bantuan keuangan kepada parpol tersebut harus mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 5/2009 tentang bantuan keuangan kepada partai politik.
Sebagaimana ditindaklanjuti Permendagri 77/2014 tentang pedoman tata cara penghitungan, penganggaran dalam APBD, dan tertib administrasi pengajuan, penyaluran, dan laporan pertanggungjawaban penggunaan bantuan keuangan partai politik. Yakni, dalam mengajukan permohonan bantuan keuangan, partai politik harus melengkapi persyaratan administrasi. Salah satunya berupa susunan kepengurusan partai tingkat provinsi dan kabupaten/kota yang sah, sebagaimana disahkan Dewan Pimpinan Pusat Partai tersebut yang terdaftar dan disahkan Kemenkum dan HAM.
“Jika nanti sudah ada putusan peradilan berkuatan hukum tetap terkait peselisihan kepengurusan partai di tingkat pusat, tentunya bantuan tersebut akan segera diberikan,” katanya.
Sementara itu untuk bantuan ke partai-partai lain telah disalurkan. Untuk Kabupaten Temanggung total ada delapan partai, yaitu Partai Hanura, Gerindra, PKS, PAN, PKB, PDI Perjuangan, Demokrat, dan Nasdem.
“Total bantuan keuangan partai politik untuk Kabupaten Temanggung pada tahun ini mencapai Rp819,26 juta, besaran tiap partai tentu berbeda didasari hasil jumlah pemilih dalam pileg tahun 2014 lalu,” pungkasnya. (din)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top