ICW Beberkan Parpol Penyeleweng Dana Kampanye Pilkada – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Pilkada

ICW Beberkan Parpol Penyeleweng Dana Kampanye Pilkada

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Indonesian Corruption Watch (ICW) mengeluarkan pernyataan kritik  pedas kepada pimpinan partai politik (parpol). ICW mengaku banyak parpol menyelewengkan sumbangan dana kampanye untuk calon kepala daerah.

“Seringkali sumbangan dana kampanye untuk calon kepala daerah itu didrop ke rekening partai dan baru dialirkan ke kandidat,” ujar peneliti ICW Donal Fariz di Bandung, kemarin.

Donal menyentil PKPU Nomor 8 Tahun 2015, tentang calon kepala daerah dibolehkan menerima sumbangan dana kampanye dari perseorangan dan atau perusahaan hingga Rp50 juta. Bahkan, calon juga harus diberikan dana kampanye oleh parpolnya.

Dengan fenomena sumbangan dana kampanye lari ke parpol lebih dulu baru ke kandidat maka tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Seolah, kata dia, sumbangan kampanye terlihat seperti bantuan partai ke calon kepala daerah.

ICW juga  menemukan sumbangan melebihi batas dari ketentuan yang berlaku.

Sikap parpol itu, Donal menilai, dapat dijadikan pidana. Sebab, sumber sumbangan dana kampanye itu adalah hal yang paling serius. “Itu soal korupsi, karena berbicara  bukan hanya soal sumber dana kandidat, tapi regulasi dan praktik,” terangnya.

Meski begitu, dia melanjutkan, parpol tak pernah mempermasalahkan hal tersebut. “Malah, parpol memandang hal itu adalah lumrah. Terlebih, ada pula calon yang memberi partai untuk beli perahu. Padahal, ini jelas pidana,” pungkasnya. (rka/JPG)

loading...
Click to comment
To Top