Inilah 6 Hal Penting, yang Harus Anda Ketahui Tentang Infeksi Saluran Kemih – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Inilah 6 Hal Penting, yang Harus Anda Ketahui Tentang Infeksi Saluran Kemih

ISK atau infeksi saluran kemih merupakan suatu jenis penyakit yang bisa disebabkan karena adanya bakteri infeksi didalam saluran kemih. Gejala dari penyakit ini adalah sensasi rasa terbakar ketika buang air kecil dan keinginan untuk buang air kecil secara terus-menerus.

“UTI/ISK paling sering disebabkan ketika bakteri masuk ke dalam uretra yang merupakan tabung yang memungkinkan urin untuk keluar dari tubuh,” kata peneliti Daniela Carusi, MD, seperti dilansir laman Health, Kamis (19/11).

ISK bisa terjadi pada setiap bagian dari saluran kemih seperti ginjal, ureter, kandung kemih atau uretra.

Berikut ini beberapa fakta-fakta tentang apa yang perlu Anda ketahui untuk menangani masalah ISK.

1. Temui dokter Anda

Jika Anda merasa luka bakar pada saluran kemih maka Anda jangan menunggu tapi segera temui dokter untuk mencegah infeksi menyebar ke bagian lain dari saluran kemih seperti ginjal. Meskipun ada obat over-the-counter untuk membantu Anda merasa lebih baik namun hanya antibiotik yang bisa menyembuhkan infeksi aktif.

2. Nyeri berada dalam jangkauan

Kabar baiknya: Setelah antibiotik menendang, Anda akan mulai merasa jauh lebih baik. Kabar buruk: Mungkin butuh satu atau dua hari.

Hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah minum banyak air. Ya, ini akan membuat Anda buang air kecil lebih banyak, tetapi sering ke kamar mandi akan membantu mengeluarkan bakteri dari sistem Anda.

[NEXT-FAJAR]

3. Anda bisa mendapatkan UTI lagi dan lagi

Sedih, tapi benar: ISK pertama Anda mungkin bukan yang terakhir.

“ISK berulang cukup umum,” jelas Jennifer Ashton, MD, seorang dokter kandungan-kandungan dan co-host dari The Doctors.

Mereka datang kembali untuk sejumlah alasan. Misalnya Anda tidak menyelesaikan mengonsumsi antibiotik Anda yang memungkinkan bakteri untuk berkembang biak dan memulai kembali infeksi.

Juga, hanya wanita yang berada pada risiko untuk infeksi berulang karena wanita memiliki urethras pendek dibanding laki-laki, yang membuatnya lebih mudah bagi bakteri untuk masuk ke saluran dan mencapai kandung kemih.

4. Seks menyebabkan ISK

ISK bukan penyakit menular seksual, tetapi tindakan fisik seks bisa mengakibatkan ISK.
“Sejak uretra duduk tepat di sebelah vagina, maka bakteri dalam vagina bisa bergerak dan masuk ke uretra dan kandung kemih,” kata Dr Carusi.

Untuk membantu menurunkan risiko infeksi, kencing tepat sebelum dan setelah bercinta dan membersihkan daerah sekitar vagina dan dubur dengan lap basah.

5. Alat kontrasepsi

KB bisa mengiritasi kulit di sekitar vagina dan uretra, sehingga memudahkan bakteri untuk menyerang.

6. Jus cranberry benar-benar bisa membantu

Minum jus cranberry selain tetap terhidrasi juga bisa membantu untuk mendukung kesehatan saluran kemih Anda.(fny/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top