NGERI! Teroris Sandera dan Bunuh Puluhan Tamu Hotel – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

NGERI! Teroris Sandera dan Bunuh Puluhan Tamu Hotel

FAJAR.CO.ID, MALI – Aksi teroris di Hotel Radisson Blu, Mali, berakhir dengan petaka kemarin waktu setempat. Drama penyanderaan yang menghebohkan Kota Bamako, Mali itu menyebabkan belasan tamu hotel tewas.

Korban bisa bertambah andai para pelaku penyanderaan tidak cepat dipukul mundur pasukan elite Mali dibantu pasukan elite Prancis dan penjaga perdamaian PBB. Aparat pengamanan terus menekan dan penyanderaan yang berlangsung sejak pukul 07.00 waktu setempat itu berakhir. Pasukan berhasil membebaskan 170 tamu dan kru yang disandera.

“Saat ini para pelaku sudah tidak punya seorang sandera pun. Pasukan kami sedang melacak jejak mereka,”ujar Menteri Keamanan Mali Salif Traore.

Sebuah laporan menyebutkan, dua pelaku teror sukses dilumpuhkan di hotel milik pengusaha Amerika Serikat (AS) tersebut. Sebelum pasukan elite Mali melakukan aksi penyelamatan, sebuah kelompok militan berafiliasi dengan Al Qaeda mengaku bertanggung jawab atas insiden tersebut.

Lewat akun Twitter-nya, kelompok Al Mourabitoun menyatakan mereka yang melancarkan serangan tersebut. Kelompok yang bersarang di kawasan utara Mali itu terdiri atas militan Tuareg dan Arab.

Presiden AS Barack Obama melalui email Jumat kemarin waktu setempat menyatakan akan membantu pemerintahan Mali untuk menginvestigasi selama beberapa hari ke depan.

Saat ini pemerintah Mali terus meningkatkan kewaspadaan dan melakukan latihan terbatas, untuk mengawasi kawasan yang terbentang luas. “Dan para teroris tidak ingin melakukan negosiasi,” kata  Sean Smith, pengamat politik di Afrika Barat melalui emailnya.

Laporan terakhir, ada sekitar 18 atau lebih dari 20  tamu hotel yang disandera tewas, termasuk pejabat regional Belgia yang diundang parlemen Mali untuk menjadi pembicara dalam seminar. Korban bernama Geoffrey Dieudonne. (Reuters/c11/hep/ham/JPG)

loading...
Click to comment
To Top