Hebat! Pengolahan Limbah Karya SMAN 1 Alla Ini Raih Juara 1 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Hebat! Pengolahan Limbah Karya SMAN 1 Alla Ini Raih Juara 1

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — SMA Negeri 1 Alla menyabet gelar jawara pengolahan limbah atau Bio-Recycle dalam acara yang dilangsungkan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi (Himabio), Biology Open Day (Body), Sabtu, 21 November. Acara itu dilangsungkan di kampus UNM Parangtambung.

Kelompok siswa yang berasal dari Kabupaten Enrekang itu membuat inovasi alat penjernihan air dari empat galon bekas. Galon-galon itu diisi dengan bahan sederhana yang bisa menyaring zat-zat kimia dalam air keruh.

Salah seorang anggota kelompok SMANSAL, julukan sekolahnya, Febi Prabowo menjelaskan, bahan-bahan itu mereka ambil dari alam, seperti batu kerikil, tawas, ijuk, pasir, hingga arang. “Kami berusaha membuat inovasi yang betul-betul bermanfaat bagi lingkungan,” terangnya dengan muka sumringah.

Sementara itu, pembimbing kelompok SMANSAL, Amrin Rozali mengaku bangga dengan hasil jerih payah anak-anaknya. Setelah melalui pemikiran yang panjang dan sempat salah tema, akhirnya mereka bisa menemukan alternatif terbaik.

“Itupun kerjanya cuma sehari. Kami di Makassar baru mengerjakannya secara berkeroyok,” jelas lelaki yang juga berprofesi guru Sosiologi ini. SMA di pelosok pegunungan ini terbukti mengalahkan 19 tim lainnya se-Sulsel. (imam rahmanto)

To Top