Angka Pengangguran di Kaltim Makin Tinggi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Angka Pengangguran di Kaltim Makin Tinggi

FAJAR.CO.ID, SAMARINDA – Angka pencari kerja di Kaltim semakin tinggi. Tak kurang dari 130 ribu orang per tahun mencari kerja di Bumi Etam. Mereka datang dari berbagai penjuru Tanah Air. Namun, sebagian besar dari mereka tidak membekali diri dengan keterampilan. Bekal ijazah pun belum cukup untuk memenuhi kualifikasi para penyedia kerja.

Wakil Wali Kota (Wawali) Samarinda Nusyirwan Ismail mengatakan, untuk mengantisipasi tingkat pengangguran di Kota Tepian, pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan sejumlah lembaga kursus. Dari kursus komputer, pariwisata, otomotif, tata boga, dan alat berat.

“Ada 27 lembaga kursus tepercaya siap memberikan bekal tambahan bagi lulusan SMA dan MA di Samarinda sebagai bekal mencari kerja,” kata Nusyirwan kemarin (21/11).

Dia menyebut, semua lembaga kursus berada dalam pengawasan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Samarinda. Jadi, sertifikat terjamin diakui dan memenuhi standar mutu untuk memenuhi persyaratan dan kualifikasi mencari kerja.

Jadi, setelah mereka lulus sekolah, bagi yang belum mendapatkan kesempatan kerja akan dilatih dengan program kewirausahaan dan peningkatan kompetensi sesuai pangsa pasar kerja.

Setiap tiga bulan, semua lembaga sertifikasi profesi, badan nasional sertifikasi profesi, dan lembaga pelatihan dan keterampilan swasta, serta perusahaan dikumpulkan pemkot untuk merumuskan strategi agar bisa menekan jumlah pengangguran, khususnya di Samarinda.

Ketua Himpunan Penyelenggara Pelatihan dan Kursus Indonesia (HIPKI) Samarinda Suriyansyah mengatakan, di Kota Tepian terdapat 100 lembaga kursus. Sebanyak 73 di antaranya, terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Sisanya 27 lembaga juga terdaftar dan memiliki izin di Disdikbud Samarinda.

“Kerja sama kami dengan pemkot bertujuan untuk melatih para pencari kerja untuk mendapatkan program pelatihan yang cocok sesuai kebutuhan pasar kerja,” kata Suriyansyah. (*/him/kri/k8/indopos)

loading...
Click to comment
To Top