Fasilitas Pengolahan Tinja dan TPA Antar Palopo dapat Adipura – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Fasilitas Pengolahan Tinja dan TPA Antar Palopo dapat Adipura

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Kesuksesan Kota Palopo meraih Adipura yang kelima tak lepas dari komitmen Wali Kota HM Judas Amir untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan.

Salah satu indikator keberhasilan kenapa Kota Palopo mendapatkan adipura adalah pengelolaan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang dianggap oleh tim penilai sebagai TPA terbaik Sulsel.

Dikatakan oleh Kadis Kebersihan Kota Palopo Farid Kasim Judas Amir disela-sela acara penganugerahan Piala Adipura, Senin 23 November di Jakarta, kalau TPA Kota Palopo menjadi TPA terbaik yang tidak mengekspose bau.

“Saya dapat bertaruh kalau TPA Mancani tidak mengeluarkan bau. Kita dapat makan nasi campur tanpa ada bau. Karena faktor bau ini yang menjadi indikator utama keberhasilan pengelolaan TPA,” kata Ketua KNPI Kota Palopo ini.

TPA Kota Palopo mengggunakan sistem sanitasi landfill serta pengelolaan air lindih yang tidak menyebabkan adanya genangan air limbah.

Tak sampai disitu, Kota Palopo juga menerapkan pengolahan limbah tinja. “Pengolahan tinja kita ini yang pertama di Sulsel. Kedepan akan dibangun dengan kapasitas lebih besar agar dapat melayani kabupaten disekitar Kota Palopo (idr/fmc)

loading...
Click to comment
To Top