Gubernur Khawatir ISIS Berkembang di Kepri – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Gubernur Khawatir ISIS Berkembang di Kepri

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Berada di wilayah perbatasan antar Negara, ditambah dengan bukti kejadian, muncul kekhawatiran bila paham radikal ISIS berkembang di Provinsi Kepulauan Riau. Terlebih lagi setelah bukti keterlibatan Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Badan Pengusahan (BP) Batam, Dwi Joko Wiwoho dalam gerakan ISIS beberapa waktu lalu.

“Saya khawatir ini menular ke Pejabat  atau masyarakat lain di Kepri,” ujar Penjabat Gubernur Kepri, Agung Mulyana.

Menurut Agung, ada banyak akses di Kepri yang bisa digunakan untuk keluar dari Indonesia. Karena Kepri memang berada di garda terdepan perbatasan Negara. Karena itu menurutnya perlu dilakukan langkah tegas untuk mengawasi penyebaran paham radikal ini.

“Ini tentunya menjadi tanggungjawab bersama untuk menanggkal menyebarnya ISIS di Kepri,” jelas Agung.

Salah satunya perlu peran penting dunia pendidikan, terutama Guru untuk mengingatkan siswanya tentang paham-paham radikal. ”Idelogi radikal adalah penyebab maraknya aksi teror di Indonesia. Sehingga pencegahan terorisme harus diikuti dengan pemberantasan radikalisme,” jelasnya lagi.

Masih kata Agung, Radikalisme dan Terorisme adalah fenomena yang mempunyai akar permasalahan yang kompleks, bukan hanya terkait dengan ideologi, tetapi juga berkaitan dengan faktor pendidikan. Sehingga para pendidikan memegang peran penting untuk membantu pemerintah dalam mencegah timbulnya gerakan radikal dan terorisme di Provinsi Kepri.

“Garis koordinasi seperti ini sangat dibutuhkan. Karena masalah radikalisme dan terorisme pencegahannya adalah tanggungjawab bersama,” tutup Agung. (bp/afz/jpg)

loading...
Click to comment
To Top