Izin 10 Perusahaan di Sumsel Bakal Dievaluasi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Izin 10 Perusahaan di Sumsel Bakal Dievaluasi

FAJAR.CO.ID, SUMATERA – Pemerintah tak main-main dengan ancaman menindak tegas perusahaan yang terindikasi lalai menjaga lahan mereka, sehingga berpotensi menyebabkan kebakaran.

Saat ini Kantor wilayah Badan Pertanahan Negara (BPN) Provinsi Sumatera Selatan bakal meneliti penggunaan hak atas tanah dari 10 perusahaan yang berada di Provinsi tersebut.

”Kalau lahan tidak diurus dengan baik, pasti akan mendapatkan sanksi,” tegas Kakanwil BPN Sumsel, Ir Arif Pasha MM, dilansir Sumatera Ekspres (Fajar.co.id Group).

Bila lahan sengaja dibakar dengan luas lebih 25 persen dari hak yang diberikan, maka hak guna usaha (HGU) lahan itu bisa dibekukan. Tapi bila kurang dari 25 persen, lahan itu bisa di-enclave (dikeluarkan) haknya dari luas seluruhnya.

”Semua itu telah diatur dalam PP Nomor 11 Tahun 2010,” katanya.

Sanksi lain, bila hak baru diusulkan, perusahaan pengusul tidak akan mendapatkan izinnya selama  lima tahun.“Intinya, HGU bisa dicabut,” tegas Arif.

Ia mengungkap beberapa indikasi lahan disebut telantar. Salah satunya,  perusahaan tidak memanfaatkan sesuai hak yang telah diberikan. Tanah yang diberikan HGU-nya hanya dimanfaatkan sebagian, sebagian lain telantar. (bis/afz/JPG)

Click to comment
To Top