MEMALUKAN! Mahasiswa HMI Ikut Kongres Bawa Senpi Hingga Narkoba – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

MEMALUKAN! Mahasiswa HMI Ikut Kongres Bawa Senpi Hingga Narkoba

FAJAR.CO.ID, RIAU – Kongres Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ke 29 yang berlangsung di Riau, lebih banyak diriuhkan dengan peristiwa yang bikin miris. Kerusuhan terjadi berkali-kali di luar arena kongres. Korban pun sudah mulai berjatuhan dari pihak panitia lokal.

Polisi pun langsung bertindak cepat dengan menggelar sweeping pada mahasiswa di GOR, jalan Sudirman, Senin (23/11). Pemeriksaan dipimpin Wakapolresta AKBP Sugeng Putut Wicaksono dibantu juga personel dari Brimob Polda Riau dan TNI.

Hasilnya pun mengejutkan. Polisi menemukan berbagai senjata termasuk senjata api rakitan. Benda-benda yang ditemukan antara lain soft gun, senjata api rakitan, puluhan anak panah, tombak, bahkan bungkus narkoba jenis sabu-sabu.

“Pemeriksaan ini kami lakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Apalagi pascakeributan yang terjadi Sabtu dan Ahad malam, kita perlu mewaspadai hal-hal yang mengarah pada gangguan kamtibmas,” kata Sugeng Putut Wicaksono pada Riaupos.co (Fajar.co.id Group).

Ribuan kader HMI asal Sulawesi yang ditampung di GOR, sejak tiba di Pekanbaru, hampir setiap ada waktu membuat kerusuhan. Kesal dengan panitia lokal yang tidak menyediakan penginapan dan konsumsi, mereka lantas merusak berbagai fasilitas publik di Kota Pekanbaru.

Kaca gedung GOR dipecah, kursi-kursi dibakar, mereka juga melakukan aksi blokir jalan yang sangat mengganggu aktivitas masyarakat kota Pekanbaru. Dini hari tadi, rusuh kembali terjadi. Seorang panitia lokal kongres HMI bahkan mengalami luka tertancap sumpit di bagian punggungnya.

Aparat kepolisian dibuat kerepotan menghadapi aksi anarkis mahasiswa ini. Beberapa kali diperingatkan, mereka tetap saja melakukan aksi tidak simpatik. Dari gambar yang beredar di media sosial, juga terlihat beberapa massa mahasiswa Kongres HMI membawa senjata tajam. Mereka juga bermain kartu di arena Kongres. (afz/JPG)

To Top