Profesor Asal Amerika Ini Puji sistem Pemilihan Langsung di Indonesia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Profesor Asal Amerika Ini Puji sistem Pemilihan Langsung di Indonesia

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Profesor di bidang keindonesiaan asal Cornell University, Thomas Pepinsky, menilai keberhasilan Indonesia dalam menyelenggarakan pemilihan umum adalah kisah sukses yang patut diapresiasi.

Hal itu disampaikannya saat ditemui di sela seminar tentang Indonesia bertema ‘Understanding Indonesia: revealing the mysteries of Asia’s inscrutable giant’ di Wiener Auditorium, Harvard Kennedy School, Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat pada hari ini atau Sabtu (21/11) waktu setempat.

“Memang tidak sempurna dan banyak isu yang muncul, seperti permasalahan anggaran dan penyelenggara, taruhannya memang tinggi. Tapi sejauh ini, penyelenggaraan pemilu di Indonesia adalah pencapaian yang luar biasa,” sebutnya.

Memang, Thomas mengakui bahwa pemilu di Indonesia masih jauh dari ideal. Hal ini terutama dalam hal implementasi aturan dan asas-asas penyelenggaraan yang baik.

“Namun banyak juga tuduhan-tuduhan yang tidak terbukti terhadap para penyelenggara pemilu. Misalnya dalam pemilu yang lalu, sangat jarang ditemukan pencurian suara yang memang terbukti, walaupun dalam penyelenggaraannya masih jauh dari ideal,” tambahnya lagi.

Dengan komposisi penduduk Indonesia yang banyak dan kondisi geografisnya yang unik, Thomas juga memuji keberhasilan penyelenggaraan pemilu di Indonesia yang berjalan damai.

“Intinya adalah, bayangkan dengan komposisi Indonesia yang seperti ini, namun sejak 2004, 2009 hingga 2014 kemarin tak ada kerusuhan massal karena hasil pemilu. Semuanya bejalan damai. Ini adalah pencapaian yang luar biasa,” jelasnya. [wah] 

Click to comment
To Top