Soal Duit Rp 200 Juta ke Rio Capella, Katanya Uang untuk Ngopi-Ngopi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Soal Duit Rp 200 Juta ke Rio Capella, Katanya Uang untuk Ngopi-Ngopi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA –  Gubernur Sumut nonaktif Utara Gatot Pujo Nugroho mengaku telah memberikan uang sebesar Rp 200 juta kepada eks Sekjen NasDem Patrice Rio Capella. Menurut Gatot, pemberian itu dilakukan setelah istrinya, Evy Susanti,  dimintai uang oleh Ri melalui Fransisca Insani Rahesti.

Gatot mengatakan, uang itu diberikan setelah islah antara dirinya dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi yang digelar di kantor DPP NasDem, Jakarta, pada 19 Mei 2015.

“Sepengetahuan saya, seingat saya, sesudah islah,” kata Gatot saat menjadi saksi dalam sidang perkara Patrice Rio Capella di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (23/11).

Menurut Gatot, saat itu Sisca menyampaikan kepada Evy bahwa Patrice meminta uang untuk ngopi-ngopi. “Yang menurut saya, tanda petik jasa mediasi islah,” ujar dia.

Anehnya, Gatot menampik bahwa uang Rp 200 juta untuk Rio ada kaitannya dengan pengamanan perkara dana bansos di Kejaksaan Agung yang menyeret namanya.

Tak percaya begitu saja dengan kesaksian politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu, Ketua majelis hakim Artha Theresia Silalahi kembali meminta penegasan. Pasalnya, kesaksian Gatot berbeda dengan pengakuan Evy Susanti dalam sidang Patrice minggu lalu. “Istri saudara bilang ada?” tanya Hakim Artha.

Gatot kemudian menjawab, dia tidak mengetahui apakah ada uang yang tersampaikan darinya ke pihak Kejaksaan Agung. Sebab, dia hanya mengetahui bahwa istrinya memberikan uang Rp 200 juta ke Patrice sebagai jasa memfasilitasi islah.

Sementara untuk urusan yang lain, sepenuhnya dia serahkan ke OC Kaligis selaku kuasa hukumnya. Sebab, dia mengaku telah memberikan lawyer fee kepada Kaligis sebesar USD 150 ribu atau Rp 1,5 miliar. “Itu Pak OC Kaligis yang mengurus,” jawab Gatot.

[NEXT-FAJAR]

Sebelumnya, dalam kesaksiannya minggu lalu Evy Susanti mengaku memberikan uang Rp 200 juta kepada Patrice Rio Capella melalui Fransisca Insani Rahesti. Suap itu diberikan atas permintaan Patrice melalui Fransisca setelah islah yang dihadiri Gatot, Wagub Sumut Tengku Erry Nuradi‎, OC Kaligis, dan Surya Paloh.

Evy juga mengakui mendapat informasi dari OC Kaligis bahwa ada uang yang mengalir kepada Dirdik Pidsus Kejaksaan Agung Maruli Hutagalung sebesar Rp 300 juta.

Selain itu, Fransisca Insani Rahesti melengkapi kesaksian Evy. Sisca mengatakan, usai menyerahkan uang dari Evy untuk diberikan kepada Patrice, ketiganya melakukan pertemuan dan membahas upaya Patrice agar mengkomunikasikan perkara Gatot kepada Jaksa Agung HM Prasetyo.

Menurut Sisca, Evy juga menyampaikan padanya bahwa dia telah menyiapkan uang sebesar USD 20 ribu khusus untuk urusan ke jaksa agung. (put/jpg/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top