Bagi Pencinta Burung: Waspadai Bercak Merah di Kaki ‘Si Kenari’ Sebelum Anda Menyesal – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Bagi Pencinta Burung: Waspadai Bercak Merah di Kaki ‘Si Kenari’ Sebelum Anda Menyesal

FAJAR.CO.ID- Jangan anggap remeh bercak merah di kaki burung kenari peliharaan anda. Jika tidak diantisipasi bisa jadi burung peliharaan adan mengalami stress hingga kematian. Kasus ini sering menjadi keluhan para pencinta burung, khususnya jenis kenari.

Bercak merah biasanya terdapat pada lutut, tulang kaki hingga jari-jari. Umumnya berupa goresan atau tanda yang tidak terlalu nampak, namun lama-kelamaan akan semakin menonjol. Penyebabnya bisa karena jamur, teralis sangkar, atau bahkan gigitan nyamuk.

Namun, bercak ini akan membahayakan jika hanya dibiarkan dan terkena bakteri. Warananya akan menjalar hingga menjadi sakit yang serius. Dalam banyak kasus, pada fase kronis, bercak merah itu bisa menyababkan kematian.

Saran yang dianjurkan adalah wajib memeriksa burung kenari anda secara menyeluruh setiap saat. Mengingat, jika bercak merah ini menyebar maka penanganan akan menjadi terlambat. Proses penyembuhan pada fase kronis tetap meninggalkan cacat pada burung.

Pengobatan sederhana yang disarankan adalah mengoleskan anti biotik ke bagian tubuh yang terlihat bercak merah. Namun untuk lebih aman berikan obat yang diminum.

[NEXT-FAJAR]

Sementara itu, cara sederhana untuk mengamati gejala serangan bakteri ini bisa diidentifikasi dari gerak-gerik burung kenari. Umumnya, burung yang mengalami sakit seperti itu akan mematok-matok kakinya yang mungkin terasa gatal. Hal itu umum dilakukan jika burung merasa terganggu.

Jika mengamati hal itu wajib melakukan penanganan, karena burung akan melukai tubuhnya dan memudahkan bakteri masuk. Jadi, sebelum terlambat segera lakukan langkah pengobatan. (iqi)

loading...
Click to comment
To Top