Depok Urutan Teratas Penderita Diabetes – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Depok Urutan Teratas Penderita Diabetes

FAJAR.CO.ID, DEPOK – Kota Depok, Jawa Barat, sebagai wilayah dengan peringkat pertama penyumbang populasi penyakit diabetes mellitus atau gula darah. Hal tersebut berdasarkan data Lembaga Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia).

Penyebabnya, sebanyak 300 ribu jiwa warga kota ini terindikasi mengidap kencing manis. Bahkan, serangan penyakit tersebut menghinggapi warga yang berusia 30 sampai 60 tahun.

Ketua lembaga Persadia, Agoes Kooshartono menyebutkan, sedikitnya 15 persen dari jumlah penduduk di Kota Depok teridentifikasi penyakit diabetes. Hal tersebut sesuai hasil survei dan pendataan di sebelas kecamatan, mayoritas berusia 30 tahun ke atas.

“Kami sangat terkejut dengan hasil ini, bahkan di semua daerah pengidapnya tidak sampai 15 persen dari total penduduk,” tegasnya kepada Indopos (Jawa Pos Group), saat ditemui di Balaikota, beberapa waktu lalu.

Penyebabnya, kata Agoes, pola hidup warga dengan konsumsi makanan yang mengandung bahan pemanis sangat besar. Sehingga penumpukan gula dalam darah tidak dapat dicerna dengan baik.

Tingginya pengidap diabetes di Depok membuat kota ini menjadi penyumbang populasi diabetes tertinggi di Indonesia. Bahkan, dari hasil pendataan Persadia di sejumlah provinsi, populasi pengidap penyakit gula ini umumnya hanya mencapai 8 sampai 10 persen dari total penduduk. (cok/JPG)

Click to comment
To Top