Hati-hati Konsumsi Buah Nanas saat Hamil – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Hati-hati Konsumsi Buah Nanas saat Hamil

FAJAR.CO.ID – Rasa ngidam saat mengandung seringkali dialami wanita. Yah, ngidam terhadap makanan atau minuman tertentu. Bahkan sebagian besar orang mengatakan bahwa ngidam sebaiknya dituruti jika tak ingin buah hati lahir jadi ileran.

Namun ada baiknya jika mengetahui dulu baik tidaknya makanan atau minuman yang diidamkan tersebut. Lebih-lebih jika ternyata kita mengidamkan makanan atau minuman yang ternyata tak baik bagi kehamilan.

Salah satu makanan yang perlu kita pertimbangkan baik tidak pengonsumsiannya selama kehamilan adalah buah nanas. Dari yang dilansir www.momjunction.com, buah nanas memang kaya kandungan vitamin serta nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Namun, ketika nanas dikonsumsi selama masa kehamilan, buah yang tumbuh subur di negara-negara tropis ini dikhawatirkan dapat membawa akibat yang tak baik bagi kehamilan kita. Nah, berikut beberapa resiko yang mungkin ditimbulkan jika kita mengonsumsi nanas selama kehamilan :

Kontraksi Sebelum Waktunya
Kehamilan di trisemester pertama sangat rentan mengalami masalah dan gangguan kesehatan, terlebih jika Anda memiliki kandungan yang lemah. Oleh sebab itu, di usia kandungan ini, Anda sebaiknya menghindari konsumsi nanas terlebih dahulu. Sebab, nanas memiliki kandungan enzim bromelain yang dapat melemahkan serviks atau leher rahim sehingga dikhawatirkan apabila dikonsumsi pada jumlah yang berlebihan, kandungan bromelain dalam nanas ini ini akan mengganggu kehamilan anda.

Keguguran
Selain memicu timbulnya kontraksi sebelum waktunya, kandungan enzim bromelain dalam buah nanas ini juga dikhawatirkan dapat meningkatkan resiko keguguran pada kehamilan Anda, apalagi jika Anda memiliki riwayat keguguran sebelumnya. Sebaiknya, hindari dulu pengonsumsian nanas selama trisemester pertama kehamilan ya.

Meningkatkan Asam Lambung
Nanas memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi inilah yang membuat nanas memiliki rasa asam manis yang segar. Tapi, jika dikonsumsi oleh Anda yang memiliki maag, rasa asam karena kandungan vitamin C yang tinggi pada nanas ini dikhawatirkan dapat meningkatkan konsentrasi asam dalam lambung Anda, sehingga membuat mual-mual Anda di trisemester pertama semakin menjadi.

Click to comment
To Top