Kampanye di Medsos Tidak Pengaruhi Pemilih – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Kampanye di Medsos Tidak Pengaruhi Pemilih

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Memanfaatkan media sosial (medsos) untuk berkampanye seperti yang sukses dilakukan Presiden Obama, ataupun pasangan Jokowo-Ahok di Pilgub 2012, banyak diikuti paslon pilkada di Sulsel. Namun dampaknya tidak seefektif yang dibayangkan paslon dan timnya.

Dari berbagai penelitian, terungkap metode sukses berkampanye di medsos ini hanya efektif di negara maju, dan tetakhir sukses di timur tengah.

Pakar Komunikasi Unhas, Dr Hasrullah menyampaikan perubahan mainstrem tersebut karena pola masyarakat yang lebih sibuk, dengan sikap individualistik yang tinggi. Sementara di Indonesia secara umum, hal itu tidak berpengaruh signifikan mengubah pilihan masyarakat.

“Dari berbagai penelitian, kampanye di medsos hanya sebagai pengetahuan, menambah informasi bagi masyarakat. Tidak akan merubah basis pilihan pengaksesnya,” kata Hasrullah, Selasa 24 November.

Pola masyarakat di Indonesia dan Sulsel sampai saat ini, menurutnya masih berfokus pada tokoh masyarakat, kelompok adat, atau figur tertentu untuk bertanya dan mengikuti pilihan politiknya. Belum secara nalar menangkap mentah mentah apa yang disebar di medsos.

Namun tetap saja akses informasi yang diberikan melalui medsos, mesti diwaspadai paslon terutama oleh pihak keamanan. Sebab potensi negatif campaign yang disebar didunia maya seperti ini bisa berakses sangat cepat menimbulkan konflik di kar rumput. “Sisi konflik itu yang mesti diwaspadai,” beber Ketua PPTK KKN Unhas ini. (Nasrun Nur/FAJARONLINE.COM)

To Top