Seni Semarang Kurang Nyleneh – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Seni Semarang Kurang Nyleneh

SEMARANG, RAJA – Bila dibandingkan kota lain di Jawa Tengah atau wilayah lain di Jawa, hasil karya seni di Kota Semarang kurang nyleneh. Penilaian tersebut  disampaikan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat menerima audiensi panitia Salon Foto Indonesia ke-36 2015, di ruang kerjanya, Senin (23/11).

“Seharusnya seni di Kota Semarang bisa lebih bagus, bisa lebih nyleneh. Banyak potensi di Jawa Tengah yang bisa dikembangkan. Tidak hanya foto, kesenian lain bisa berkembang bersama di Ibu Kota Provinsi ini,” kata dia.

Dalam pengembangan seni di wilayah perkotaan, Ganjar mencontohkan Bandung. Di setiap sudut kota itu, banyak terdapat karya seni yang bisa dinikmati siapa saja. Dia berharap tidak hanya Solo, tapi Kota Semarang juga bisa mengembangkan hal serupa. “Kalau rusak, karya seni yang dipajang di luar ruangan bisa diganti lagi, tidak monoton dan membosankan. Jadi, mata akan selalu segar,” kata dia.

Karena itu, Gubernur menyarankan agar karya-karya seni termasuk foto hasil bidikan fotografer bisa dipajang di banyak tempat. “Kalau perlu, ruang kantor saya dijadikan ruang pameran foto. Jadi, setiap tamu yang datang bisa menikmati hasil bidikan foto teman-teman fotografer di Jawa Tengah. Kantor pemprov ini juga milik warga Jateng,” tandasnya.

Rencananya, puncak rangkaian kegiatan Salon Foto Indonesia ke-36 2015 di Kota Semarang ini, adalah pameran dan pemberian hadiah. Acara dilaksanakan di Wisma Perdamaian, Jumat sampai Minggu (18-20/12) mendatang.

Setelah acara itu, Gubernur berharap acara-acara serupa bisa dikembangkan lagi di Kota Semarang. “Semarang punya Kota Lama, ada Taman KB, yang bisa juga dijadikan tempat pameran foto. Kemas pameran foto dalam bentuk lain, sehingga kota ini tidak kaku,” kata dia. (JW)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top