Tayang di Desember, Film Star Wars Diprediksi Buming. Alasannya Begini – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Tayang di Desember, Film Star Wars Diprediksi Buming. Alasannya Begini

FAJAR.CO.ID- Pemutaran Star Wars: The Force Awakens memang masih beberapa pekan lagi. Namun, hal tersebut tidak lantas membuat fansnya adem ayem menyambut premiere pada 18 Desember. Angka penjualan tiket presale sekuel saga kreasi J.J. Abrams di Amerika Utara itu mampu mencatat angka USD 4 juta (Rp 54, 8 miliar) untuk penjualan satu hari saja pada Sabtu (21/11).

Total, Star Wars: The Force Awakens telah mencetak penjualan tiket sebesar USD 54 juta (setara Rp 739,4 miliar) di Amerika Utara. Fandango -situs pemesanan tiket online- mengklaim, banyak fans yang mengincar pemutaran setelah pekan Natal. ”Sejumlah bioskop meng-update jadwal tayang karena banyak penggemar yang membeli tiket untuk tayang tahun depan,” tutur Erik Davis, managing editor Fandango.

Bukan cuma bioskop yang kebanjiran order. Teater Imax juga mencatat penjualan tiket yang menakjubkan. ”Presale kami mencapai USD 18 juta (setara Rp 191,7 miliar). Angka itu sekaligus jadi rekor baru kami,” rilis Imax dalam situs resmi mereka. Rekor sebelumnya dipegang seri pertama The Hunger Games, yang ”cuma” separo penjualan presale The Force Awakens.

Dengan pembelian tiket yang luar biasa sejak sebulan sebelum tayang, The Force Awakens memiliki kans menjadi film terlaris sepanjang masa. Saat ini gelar bergengsi tersebut masih dipegang Avatar dengan pendapatan worldwide USD 2,79 miliar (setara Rp 38 triliun).

Episode ketujuh Star Wars itu sudah pasti bakal merajai bioskop, setidaknya sampai Januari 2016. ”Prediksinya, saingan berat mereka baru rilis sebulan kemudian. Yakni, Deadpool pada pertengahan Februari dan Batman v Superman: Dawn of Justice pada Maret,” jelas Ryan Nakashima, kritikus film Associated Press.

Kritikus New York Times Manohla Dargis bahkan dengan gamblang berkomentar bahwa serial saga Star Wars itu adalah hiburan yang layak dikenang sampai mati. Ungkapan tersebut memang tidak berlebihan. Segala hal berbau Star Wars selalu laris. Sebulan setelah rilis, teaser The Force Awakens sudah disaksikan 405 juta kali, baik di YouTube maupun Facebook. Mesin pencari Google bahkan mencatat, key word ”Star Wars” dicari sebanyak 178 ribu kali per minggu. ”Bahkan, di Fandango ada seseorang yang sudah pesan sembilan tiket untuk dirinya sendiri di pemutaran pekan pertama,” kata Davis.

Seakan memanfaatkan momen, Disney pun menghadirkan The Force Awakens dalam bentuk produk. Banyak merchandise dengan sentuhan khas film garapan sutradara J.J. Abrams tersebut. Mulai pakaian, lego, mainan, hingga aksesori. ”Disney benar-benar niat menggarap Star Wars jadi film lintas generasi yang digemari anak hingga dewasa,” ungkap Peter Conrad, kolumnis Guardian. (fam/c20/ayi)

Click to comment
To Top