TKW Asal Polman ini, Empat Tahun Hilang Kontak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

TKW Asal Polman ini, Empat Tahun Hilang Kontak

FAJAR.CO.ID, POLEWALI — Tenaga Kerja Indonesia (TKI) wanita asal Kabupaten Polewali Mandar, Hajra, 31 tahun yang menjadi TKI ke Arab Saudi dilaporkan hilang kontak dengan keluarganya.

Keluarga Hajra didampingi Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Sulbar pun melaporkan kasus tersebut ke Polres Polman. Hajra diduga menjadi korban human trafficking (perdagangan manusia).

Direktur LBH Sulbar, Abd Kadir, menjelaskan dirinya telah melaporkan kasus Hajra ke Polres Polman. “Kami melaporkan perusahaan yang memberangkatkan Hajra ke luar negeri,” ujarnya saat menemani Keluarga Hajra, Rahmawati saat berada di ruang unit Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Polres Polman, Senin, 23 November.

LBH melihat ada keganjalan terhadap berkas keberangkatan Hajra ke Arab Saudi, juga terutama perusahaan yang merekrut dan memberangkatkan berbeda. “Di sini perusahaan merekrut atas nama tetap menggunakan nama Hajra, akan tetapi saat visa pemberangkatan ditangani perusahaan berbeda juga. Hajra berubah nama menjadi Indah, diberangkatkan oleh perusahaan di Jakarta ke Arab Saudi,” ujarnya.

Diperjanjian tersebut kata Kadir, seharusnya berangkat tahun 2010, Hajra dikontrak selama dua tahun, kontraknya berakhir tahun 2012. “Hingga saat ini baik Disnaker, maupun perusahaan yang memberangkatkan tidak ada kabar. Di sinilah saya melihat adanya indikasi dugaan Human Trafficking (perdagangan manusia),” ungkapnya. (FAJARONLINE.COM)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top