Pemilik Hotel Kehabisan Modal, Persaingan Sudah Tidak Sehat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Pemilik Hotel Kehabisan Modal, Persaingan Sudah Tidak Sehat

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR–Ketatnya persaingan bisnis hotel di Makassar mulai memakan korban. Sejumlah pemilik hotel mulai menyerah.

Ketua Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Sulsel, Anggiat Sinaga, membenarkan hal tersebut. Namun, dirinya enggan menyebut secara rinci nama-nama hotel itu.

“Sejumlah hotel memang tengah mengalami kesulitan akibat persaingan ketat. Hotel menjamur. Saat ini di Makassar total kamar yang tersedia sudah mencapai 13 ribu. Sudah over supply,” ujarnya kepada FAJAR, kemarin.

Bahkan menurutnya ada beberapa hotel yang akan diakuisisi. “Ada lima hingga 10 hotel yang mencari pemilik baru. Bahkan ada satu hotel besar. Pemiliknya sudah kehabisan modal untuk memberi subsidi hotelnya,” ungkapnya.

Anggiat mengklaim demand atau permintaan kamar hotel tidak sesuai dengan perkembangan. Akibatnya ada perang tarif demi mendongkrak okupansi. Akibatnya, banyak hotel merugi karena biaya operasional tidak sebanding dengan pendapatan.

“Ditambah lagi adanya beban kredit dari bank,” tambahnya.
Menurutnya persaingan hotel di Makassar saat ini sudah sangat tidak sehat. “Boleh saja ada yang berpendapat hotel sudah bergairah. Tapi faktanya, harga jual kamar tidak sebanding dengan investasinya. Harga rata-rata kamar hotel bintang empat itu Rp600 ribu. Idealnya harus Rp900 ribu agar tidak merugi,” bebernya. (FAJARONLINE.COM)

loading...
Click to comment
To Top