Eks Terminal Toddopuli Jadi Taman – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Eks Terminal Toddopuli Jadi Taman

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Makassar, akan menyulap eks Terminal Toddopuli sebagai taman. Ini untuk memperbanyak Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Makassar. Rencananya, itu akan dibenahi menjadi sebuah taman. Tidak hanya menanami pohon, tetapi juga melengkapi fasilitas jogging track.

Dari 17.205 meter persegi luas lahan di eks Terminal Toddopuli, 9.600 meter persegi di antaranya diserahkan menjadi fasum. Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Makassar, Azis Hasan yang ditemui di depan rujab Gubernur, Selasa 24 November lalu mengaku, pihaknya akan memaksimalkan eks terminal Panakkukang di Toddopuli sebagai taman. Apalagi sebelumnya sudah pernah ada tawaran dari DPRD Kota Makassar untuk dikembangkan jadi RTH.

Untuk penganggaran, bagi mantan Camat Rappocini ini, bisa ditata tanpa harus menggunakan APBD. Menurutnya, bisa bekerjasama dengan pihak swasta melalui dana CSR-nya. Sisa disiapkan lahan dan konsepnya lalu ditawarkan. Sama seperti taman-taman mini di tengah-tengah jalan, banyak perusahaan yang membantu tanpa menyerap APBD. “Makanya, kita harus cari sponsor yang bisa membantu dalam hal pembiayaan baik pengadaan maupun pemeliharaannya,” ujar Azis yang menggunakan seragam safari.

Sementara itu, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, Rabu 25 November mengatakan, tahun 2016, akan menghijaukan Kota Makassar. Targetnya, akan ada penanaman 100 ribu pohon. Namun, bukan hanya sekadar penanaman, tetapi SKPD bisa menyiapkan tim pendamping penghijauan yang disiapkan, tim pendamping ini memang orang yang ahli di bidangnya. “Semua harus terstandarisasi, mulai penghijauan, taman hingga infrastruktur lainnya,” jelasnya. (Lina Arsyad/FAJARONLINE.COM)

Click to comment
To Top