Fokus Benahi Angkot, Danny Tunda Proyek Metro Kapsul – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Fokus Benahi Angkot, Danny Tunda Proyek Metro Kapsul

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pembangunan proyek transportasi massal, metro kapsul batal dimasukkan dalam APBD Pokok 2016. Proyek ditunda hingga dua tahun ke depan.

Wali Kota Makassar, M Ramdhan Pomanto mengatakan, salah satu alasan penundaan proyek itu adalah minimnya anggaran daerah. Untuk merealisasikan proyek metro kapsul dibutuhkan anggaran yang tidak sedikit.

Memasukkan proyek metro kapsul di APBD 2016, diakuinya, adalah rencana. Setelah dikaji, ternyata belum dapat dianggarkan. “2017 pun, kemungkinan kita tidak pakai anggaran daerah,” kata ahli tata kota ini.

Pada 2017 nanti, sebutnya, pihaknya tetap berharap ada pendanaan dari investor atau pemerintah pusat. Salah satu investor yang mulai menanyakan proyek itu berasal dari Jepang. “Kita juga berharap bantuan pemerintah pusat,” bebernya.

Saat ini, kata dia, pihaknya ingin membenahi sinergitas angkutan umum serta BRT. Sampai saat ini, kedua moda transportasi itu belum tertata baik. Apalagi sudah ada pete-pete smart yang dirancang Dinas Perhubungan Makassar.

Sekadar diketahui, alokasi anggaran untuk proyek metro kapsul mencapai Rp115 per kilometer. Pemkot Makassar tak perlu melakukan pembebasan lahan atas moda transportasi itu. Sebab, akan melintas di median atau pedestrian. Tentunya, ditopang tiang.

Kepala Bidang Angkutan Dishub Makassar, Andi Faisal Madjid mengaku tidak begitu mengerti soal proyek metro kapsul. Menurutnya itu menjadi kewenangan wali kota. “Pete-pete smart harus terwujud tahun depan. Itu arahan, wali kota,” tambahnya. (ANDI SYAEFUL/FAJARONLINE.COM)

Click to comment
To Top