Gempa, 800 Orang Masih Mengungsi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Gempa, 800 Orang Masih Mengungsi

BANJARNEGARA, RAJA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjarnegara, menyatakan bahwa sekitar 800 orang Desa Sirukem masih mengungsi akibat gempa bumi yang terjadi pada Senin hingga Selasa (23-24/11).

“Hingga saat ini, mereka masih bertahan di pengungsian yang berlokasi di Balai Desa Balun, Kecamatan Wanayasa, dan ruangan Taman Pendidikan Alquran setempat,” kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Banjarnegara Catur Subandrio di Banjarnegara, Rabu (25/11).

Menurut dia, keberadaan warga Desa Sirukem, Kecamatan Kalibening, di pengungsian karena mereka masih trauma atas gempa bumi yang terjadi secara beruntun pada Senin (23/11) siang hingga Selasa (24/11) dini hari. Ia mengatakan bahwa Stasiun Geofisika Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banjarnegara sebenarnya telah menyosialisasikan masalah gempa tersebut.

Akan tetapi dari 1.984 warga yang mengungsi, kata dia, sekitar 800 orang di antaranya masih bertahan di pengungsian sedangkan yang lainnya telah kembali ke rumah masing-masing. “Kami tidak memaksa agar mereka segera kembali ke rumah masing-masing meskipun sebetulnya kondisinya aman,” katanya.

Lebih lanjut, Catur mengatakan bahwa pihaknya bersama dinas terkait telah memeriksa kondisi tanah Desa Sirukem khususnya Dusun Sirukem, Gunung, dan Krajan pascagempa karena daerah tersebut masuk dalam zona merah bencana gerakan tanah dan longsor.

Dalam pemeriksaan tersebut, kata dia, pihaknya tidak menemukan adanya retakan tanah sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena kondisi Desa Sirukem sangat aman. Kendati demikian, dia mengakui bahwa pihaknya membutukan waktu untuk menghilangkan trauma yang dialami warga. “Saat ini, TNI telah menyiapkan dapur umum untuk melayani warga di pengungsian. Kami berharap mereka dapat segera kembali ke rumah masing-masing,” katanya. (In)

Click to comment
To Top