JAPFA Deteksi Anemia Usia Dini di Pangkep – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Daerah

JAPFA Deteksi Anemia Usia Dini di Pangkep

FAJAR.CO.ID, PANGKEP – PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) melanjutkan kegiatan kepedulian sosialnya di Kab. Pangkajene dan Kepulauan untuk mengkampanyekan pentingnya konsumsi makanan bergizi. Pada 25 November 2015, kegiatan yang bertajuk Kampanye Gizi JAPFA4Kids tersebut dilaksanakan di Lapangan Desa Taraweang melibatkan sejumlah 1295 anak dari SDN 16, 17, 24, 25 Taraweang, SDN 23 Sanbau, dan SDN 33 Kalamesua.

Sejak pagi JAPFA melakukan pemeriksaan kesehatan bagi seluruh peserta kampanye gizi. Bekerja sama dengan Puskesmas Taraweang, anak-anak diperiksa asupan gizinya, juga kesehatan kulit, mata, dan telinga. Pemeriksaan tersebut mendapati 34% dari peserta murid di Pangkep memiliki gejala anemia.
“Hal ini terindikasi dengan konjungtiva yang terlihat pucat. Namun perlu diperiksa lebih lanjut.” jelas Musdalifa, S. Kep N.s, staf Puskesmas Taraweang.

Konjungtiva adalah membran tipis bening yang melapisi permukaan bagian dalam kelopak mata, hal paling sederhana yang dapat menunjukkan gejala fisik anemia.

Konjungtiva pucat bisa disebabkan oleh kebiasaan hidup yg salah, seperti tidur terlalu larut, kebersihan yg buruk (cacingan), atau pola makan yg tidak seimbang. “Langkah pertama kita perlu evaluasi kantin sekolah, lalu meningkatkan kesadaran mereka akan pentingnya kebiasaan hidup yang baik,” lanjut Musdalifa.

Setelah mendapatkan pemeriksaan kesehatan seluruh siswa mendapatkan paket gizi yang berisi suplemen makanan bergizi seperti sosis dan susu, telur, alat tulis dan dua buah buku berjudul “Aku Selalu Sehat” dan “Gizi Seimbang”.
“Melalui Kampanye Gizi JAPFA4Kids kami ingin mengajak anak-anak di sekitar unit usaha JAPFA untuk mengkonsumsi Makanan Bergizi,” ungkap R. Artsanti Alif, VP Head of Public Relations JAPFA.

Sehari sebelumnya JAPFA juga melaksanakan pelatihan Dokter Kecil dengan peserta perwakilan dari masing-masing sekolah. Selain itu, perwakilan dari siswa juga mengikuti kompetisi koki kecil untuk melestarikan pangan lokal. Sedangkan seluruh guru mengikuti pelatihan manajemen tata kelola sekolah berbasis manajemen Jepang 5S.

“Dengan rangkaian Kampanye Gizi JAPFA4Kids semoga kesadaran akan pentingnya mengkonsumsi gizi seimbang dan perilaku hidup bersih dan sehat dapat ditingkatkan di tengah masyarakat Pangkep. Dengan demikian kita bisa sama-sama mempersiapkan generasi penerus bangsa yang sehat dan cerdas,” tambah Artsanti.

Kegiatan Kampanye Gizi JAPFA4Kids telah dilaksanakan sejak tahun 2008. Hingga pelaksanaan kegiatan di Pangkep sudah terdapat 97.587 siswa, 5.914 guru, dan 593 sekolah dari 69 Kabupaten/Kota mengikuti kegiatan ini. Melalui kegiatan tersebut JAPFA wujud kepedulian JAPFA sebagai perusahaan agribisnis termuka di Indonesia yang memiliki lini bisnis produksi pakan ternak, pembibitan ayam, pembibitan dan penggemukan sapi, budidaya perairan serta produksi vaksin hewan. JAPFA akan terus menunjukkan pengabdian bagi bangsa Indonesia untuk mencapai visi perusahaan yaitu “Berkembang Menuju Kesejahteraan Bersama”.
Untuk keterangan lebih lanjut Hub: Azrie, telp: 021-2854 5680 ext: 10318. E-mail: azries@japfacomfeed.co.id.

loading...
Click to comment
To Top