Masyarakat Harus Pahami Peraturan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Masyarakat Harus Pahami Peraturan

KENDAL, RAJA – Lomba Kadarkum (Keluarga Sadar Hukum) digelar oleh Pemerintah Kabupaten Kendal Rabu (25/11) di Pendopo Agung Kabupaten Kendal.Hadir dalam Lomba Kadarkum Tingkat Kabupaten 2015 ini Pj Bupati Kendal yang diwakili oleh Sekda Kabupaten Kendal Ir Bambang Dwiyono, MT, Kajari Kenda Yeni Andriyani, Assisten Pemerintahan Winarno,SH MM, Kabag Hukum Wahyu Hidayat, SH MH dan 20 regu kadarkum perwakilan kecamatan se-Kabupaten Kendal.

Lomba dibuka secara resmi oleh Sekda Kabupaten Kendal Ir Bambang Dwiyono, MT beserta Kajari Kendal, dan Kabag Hukum dan Kepolisian.

Pj Bupati Kendal menyatakan, pihaknya menyambut baik atas terselenggaranya lomba Kadarkum, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kita semua, tentang arti pentingnya kesadaran hukum dalam kehidupan sehari-hari. “Serta masyarakat dapat lebih mengetahui, memahami dan dapat melaksanakan ketentuan-ketentuan perundang-undangan yang berlaku baik yang diterbitkan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah Kabupaten Kendal,” ungkapnya.

Lomba Kadarkum ini bertujuan untuk dapat mengetahui sampai sejauh mana tingkat pemahaman masyarakat terhadap peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, sekaligus sebagai salah satu cara untuk lebih meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidak terjerat masalah hukum.

“Apabila kita cermati, sudah banyak produk peraturan perundang-undangan yang dibuat oleh Pemerintah, namun hal tersebut tidak serta merta mampu menumbuhkan tata perilaku kehidupan masyarakat yang lebih baik. Karena masyarakat tidak memahami aturan yang dibuat, bahkan seringkali masyarakat melakukan pelanggaran, tetapi sama sekali tidak tahu bahwa tindakan tersebut dilarang, atau sebaliknya tidak melakukan kewajibannya, contohnya dilarang mengunduh (download) atau menyebarluaskan konten pornografi, semua itu dilarang dan dapat dikenakan sanksi pidana,” tambahnya.

Kegiatan lomba Kadarkum ini momentum untuk bersama-sama menyadari betapa pentingnya membangun kesadaran dan ketaatan akan hukum. Sehingga berguna untuk mengembangkan kesadaran hukum di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.(kdl)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top