Omzet Penjualan UMKM Tembus Rp1,8 Triliun – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Omzet Penjualan UMKM Tembus Rp1,8 Triliun

PEKALONGAN, RAJA – Omzet usaha mikro kecil dan menengah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, hingga November 2015 mencapai Rp1,84 triliun.

Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Kota Pekalongan, Edi Harsoyo di Pekalongan, Rabu, mengatakan bahwa saat ini jumlah UMKM 19.615 unit dengan nilai omset Rp1,84 triliun, serta aset mencapai Rp1,88 triliun.

“Perkembangan UMKM terus menunjukan kemajuan yang relatif cukup signifikan dalam beberapa tahun terakhir ini. Bahkan usaha UMKM ini mampu menyerap 74.249 tenaga kerja,” katanya.

Menurut dia, saat ini kondisi UMKM makin berkembang pesat, bahkan tercatat “naik kelas” yang semula usaha mikro menjadi usaha kecil atau usaha kecil menjadi usaha menengah.

Adapun jenis usaha UMKM, kata dia, lebih didominasi bergerak pada bidang industri batik, pemenuhan kebutuhan pokok, dan usaha kuliner.

“Sebagian pelakunya adalah warga yang sebelumnya bekerja pada perusahaan perusahaan besar kemudian mereka membuka usaha kecil-kecilan,” katanya.

Ia menambahkan UMKM dinilai maju dengan cepat karena para pelakunya aktif ikut berbagai kegiatan pameran di berbagai daerah dan menjalin kerja sama dengan pelaku usaha dari daerah lain. (*)

To Top