Ribuan Siswa TK Ikuti Belajar Manasik Haji – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Ribuan Siswa TK Ikuti Belajar Manasik Haji

TEMANGGUNG, RAJA – Ribuan siswa dari berbagai taman kanak-kanak yang tergabung dalam Yayasan Penyelenggara Pendidikan Muslimat Nahdhatul Ulama (YPPMNU) Kabupaten Temanggung, belajar manasik haji serempak. Ribuan siswa tersebut diberikan praktek langsung mengerjakan sunah dan rukun haji langsung dari Kementerian Agama Kabupaten Temanggung. “Acara ini dikuti oleh sekitar 4.710 siswa TK A dan B dari lembaga Yayasan Penyelenggara Pendidikan Muslimat NU (YPPMNU), untuk kelas besar atau TK A sifatnya wajib sedangkan untuk TK B sifatnya sukarela,” kata Ketua Panitia Pelaksana Manasik Haji TK Kabupaten Temanggung, Dyah Utami, di kompleks Gedung Ikatan haji Indonesi (IPHI) Temanggung, Rabu (26/11).

Kegiatan ini menurut dia diselenggarakan secara rutin setiap dua tahun sekali. Untuk manasik haji tahun 2015 baru kali kedua, sedangkan pertama dilaksanakan tahun 2010. Tujuannya diantaranya untuk memberikan pendidikan secara dini cara-cara melaksanakan ibadah haji. Selain itu, agar mereka bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. “Ibadah haji yang merupakan wajib bagi setiap muslim ini ditanamkan sejak kecil, sehingga mereka sudah memiliki dasar dan pengetahuan tentang ibadah haji. ketika mereka nantinya bisa menunaikan haji setidaknya sudah pernah belajar dan praktik berhaji lewat manasik,” jelasnya.

Kepala Sekolah RA Kasihan Mudal, Yana Mei Lanawati, mengaku sangat senang siswa didiknya bisa mengikuti manasik haji, pasalnya siswa bisa langsung mengerti dan mempraktikan tata cara haji swperti niat haji, tawaf, sa’i, wukuf di padang arofah, mabid di muzdalifah, lempar jumrah serta tahalul (cukur rambut). “Siswa jadi tahu  dan mengerti apa itu haji dan tata caranya, jadi selain bisa menambah wawasan, juga sudah terinspirasi untuk mempunyai cita-cita melaksanakan rukun islam yang kelima,“ katanya. (Din)

loading...
Click to comment
To Top