Saksi Kasus Ilham: Soal Pemenang Urusan Panitia dan Direksi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Saksi Kasus Ilham: Soal Pemenang Urusan Panitia dan Direksi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Lima saksi dihadirkan pada persidangan lanjutan kasus korupsi yang melibatkan Mantan Walikota Makassaar, Ilham Arief Siradjuddin. Masing-masing anggota panitia pengadaan barang dan jasa, Saifuddin, Andi Abdul Gafur Gani, Asdar Ali, dan Aksan. Satu lagi, staf Kesekretariatan, Andi Muhajirin.

Sidang yang dilaksanakan setelah Isya ini mendengarkan keterangan saksi yang diharapkan akan memberikan fakta terkait dengan alur terjadinya kerjasama hingga diduga merugikan negara sekira Rp45 miliar dan ilham didakwa merugikan negara Rp5,5 miliar.

Hanya saja, dari lima saksi yang dihadirkan semua mengatakan tidak tahu menahu soal proses penentuan pemenang. Dia justru mengatakan, yang mengurusi masalah tersebut adalah direksi PDAM Kota Makassar dengan Ketua Panitia yakni Rahmansyah.

Anggota panitia hanya menerima barang jadi dan sisa bertanda tangan berita acara. “Kami tidak tahu kalau soal mengapa PT Traya yang peringkat pertama. Kami juga tidak tahu soal pengumuman. Kami hanya tandaa tangan berita acara. Yang tahu semua itu adalah direksi dan ketua panitia,” kata Safiuddin yang juga diakui saksi lainnya dalam persidangan, Kamis, 26 November.

Kendati begitu saksi mengakui PDAM Kota Makassar memang membutuhkan kerjasama saat itu karena produksi yang kurang dan banyak peralaatan yang sudah rusak. Setelah kerjasama dengan PT Traya produksi meningkat dari awalnya maksimal hanya 900 liter per detik menjadi 1300 liter per detik. (arm)

Click to comment
To Top