Survei ICW: Publik Lebih Percaya Akademisi jadi Pimpinan KPK – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Survei ICW: Publik Lebih Percaya Akademisi jadi Pimpinan KPK

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- – Indonesia Corruption Watch (ICW) merilis hasil survei terkait harapan masyarakat Indonesia terhadapat keberadaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Survei dilaksanakan pada lima kota besar di Indonesia yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, dan Medan dengan sampel 1500 responden. Hasilnya, 97, 9 persen masyarakat menunjukkan harapannya agar KPK tetap menjadi garda terdepan dalam pemberantasan korupsi.

Survei ini menjawab perdebatan tentang apakah KPK masih dibutuhkan atau sudah tidak perlu dipertahankan lagi. Terlebih pembentukan lembaga anti rasuah ini berdasarkan UU Nomor 30/2002 bersifat ad hoc alias sementara.

Selain itu, survei yang digelar dari 26 Oktober sampai dengan 20 November ini menunjukkan adanya harapan publik yang cukup besar agar komisioner KPK diisi dari kalangan akademisi. Persentasenya, 43,3 persen menginginkan akademisi dan 38,7 persen menginginkan dari kalangan masyarakat sipil. Sementara dari kalangan jaksa hanya diinginkan 18,3 persen, polisi hanya 17,5 persen, dan pengacara 13,1 persen. Lalu, auditor 12,7 persen dan terakhir mantan pejabat 8,2 persen.

“Ini membuktikan, masyarakat belum yakin KPK diisi orang dari kalangan birokrat atau pejabat publik,” kata Peneliti ICW, Emerson Yunto.

Emerson mengatakan, hal ini juga sekaligus menjawab bahwa hasil dari pansel KPK dengan cenderung memberikan peluang untuk kalangan birokrat atau kepolisian patut dipertanyakan. “Kan tidak ada dalam aturannya, pimpinan itu harus dari Jaksa atau polisi,” tambahnya. (arm)

Click to comment
To Top