Warga Semarang Harus Cerdas Memilih Pemimpin – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

Warga Semarang Harus Cerdas Memilih Pemimpin

SEMARANG, RAJA – Pelaksanaan Pilwakot Semarang 2015 tinggal menghitung hari, yakni 9 Desember yang merupakan hari pencoblosan. Agar tidak salah dan tersesat, para pemilih diminta cerdas dalam memilih calon pemimpin.

Demikian disampaikan Pengamat politik Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Wahid Abdurrahman, dalam Dialog Kepemudaan yang digelar Lembaga Dakwah Pemuda Pancasila (LDPP) Kota Semarang yang bekerjasama dengan Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila Kota Semarang dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dinpora) Kota Semarang, di Restoran Tan Goei Jalan Tanjung No.25, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (25/11).

Menurutnya, warga Kota Semarang harus cerdas dalam memilih karena Kota Semarang membutuhkan pemimpin yang mampu menjawab tantangan di masa kini dan yang akan datang.

“Pemilih yang cerdas itu tidak hanya tahu program pasangan calon, tapi juga harus tahu rekam jejak atau track record para kandidat,” katanya.

Wahid menjelaskan, rekam jejak adalah masa lalu dan biografi pasangan calon. Tanpa mengetahui hal itu, maka pemilih akan tersesat dan salah pilih. ”Maka dari itu peran partai politik dalam mencerdaskan pemilih itu sangat penting. Jangan sampai pemilih sama sekali tidak tahu visi misi para kandidat. Karena sejatinya, parpol juga bisa memberikan pendidikan politik kepada warga dengan proses demokrasi,” tambahnya.

Sementara itu, pemateri kedua, Sekretaris DPD KNPI Kota Semarang, Muhammad Ulil Haq, mengatakan bahwa pemuda harus menjadi agen perubahan, salah satunya dalam dunia politik. “Pemuda harus punya peran. Harus bisa cari solusi dan bisa membawa kemajuan. Jangan jadi pahlawan kesiangan,” tegas dia.

Sedangkan menurut ketua LDPP Kota Semarang Khoirul Awaludin, tujuan diselenggarakan dialog kepemudaan ini, yakni untuk menyatukan visi misi para pemuda seKota Semarang dalam menyikapi Pilwakot, yang akan digelar 9 Desember mendatang. “Kita disini menyatukan persepsi. Bagaimana cara memilih walikota kedepan sesuai dengan kriteria dan visi misi para pemuda di Kota Semarang itu adalah hal yang sangat penting,” ujarnya usai diskusi.

Dialog Kepemudaan yang digelar Lembaga Dakwah Pemuda Pancasila tersebut dihadiri puluhan peserta dari OSIS SMA se Kota Semarang dan ormas pemuda serta dihadiri Kepala Kesbangpol Kota Semarang, Drs. Kuncoro Himawan, M.Si, yang mewakili Tavip Supriyanto Pj Walikota Semarang. (otg)

Click to comment
To Top