Berkas Tersangka BOS SD di Polman Dilimpahkan ke Kejaksaan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Berkas Tersangka BOS SD di Polman Dilimpahkan ke Kejaksaan

FAJAR.CO.ID, POLMAN — Penyidik dari Satuan Reskrim Polres Polewali Mandar (Polman) melimpahkan berkas perkara dua tersangka penyalahgunaan Biaya Operasional Sekolah (BOS) ke Kejaksaan Negeri Polewali.

Dua kasus yang menjerat eks kepala sekolah (Kasek) di sekolahnya masing-masing yaitu eks Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) 032 Kunyi Kecamatan Anreapi, Hj Farida, dan eks Kepala Sekolah SDN 001 Polewali, Abdul Fatir.

Kasat Reskrim Polres Polman, Iptu Jeifson Sitorus, menjelaskan dua tersangka terjerat dana BOS. Berkas pekara keduanya sudah dinyatakan lengkap (P-21). “Sudah P21, selanjutnya akan dilakukan pelimpahan tanggungjawab tersangka, dan barang bukti kepada Jaksa Penuntut Umum,” ujarnya. Hanya saja, untuk penyerahan secara resminya ke JPU, Kasat Reskrim akan menyerahkan dalam waktu dekat ini.

Modus yang dijalankan kedua eks kasek itu, pada dasarnya terjadi penggelembungan laporan pertanggung jawaban (LPJ) yang dibuat terhadap honor guru. Eks Kasek SDN 032, ditetapkan sebagai tersangka dengan mengantongi audit BPKP Sulbar terdapat kerugian negara Rp250 juta. Begitu pun dengan kasus menjerat Kasek SDN 001 Polewali, Abdul Fatir, ditemukan audit kerugian keuangan Negara oleh BPKP Sulbar Rp 220 juta.

Kedua kasek itu dijerat pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 Subsider Pasal 9 UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan UU Nomor 31 tahun 1999 Tentang Pemberantasan Korupsi. “Kedua tersangka saat ini masih ditahan di Lapas Polewali,” kata Jeifson. (Ilham Wasi/FAJARONLINE)

loading...
Click to comment
To Top