Duh, Ada 300 Anggota ISIS di Indonesia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Duh, Ada 300 Anggota ISIS di Indonesia

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pergerakan pengikut paham ISIS di Indonesia menjadi perhatian Polri. Saat ini, tercatat ada sekitar 300-an anggota ISIS di Indonesia.

“Yang by name sekitar 300-an,” tegas Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, Jumat (27/11).

Haiti menegaskan, dari dulu sudah mengantongi data-data terkait ISIS di Indonesia, baik yang berangkat ke luar negeri maupun yang kembali ke Tanah Air.

Bahkan katanya, ada yang diproses hukum. “Ada yang meninggal di sana (Irak dan Syria),” ujar mantan Kapolda Banten, Sumut, Jatim dan Sulteng, ini.

Dia mengatakan, Polri tetap melakukan pemantauan terhadap mereka yang ada di Indonesia. Pemantauan tak hanya dilakukan Densus 88 Mabes Polri, namun juga oleh kepolisian daerah di Indonesia. “Kalau mereka yang baru pulang dari Syria ke Indonesia bisa saja berbahaya atau tidak. Sangat tergantung. Suatu saat bisa saja (mereka) berubah,” katanya.

Dia mengatakan, tidak bisa mengkategorikan apakah WNI yang kembali itu berbahaya atau tidak. Yang pasti, kata dia, semuanya harus diwaspadai. Masyarakat juga tentu harus bisa menyadarinya. “Bisa saja suatu saat (mereka) berubah pikiran,” tegasnya.

Lantas, apakah Polri mendeteksi adanya WNI yang pulang dari Syria ingin melakukan teror? Dia menegaskan, kalau WNI tidak ada. “Kalau WNA (Warga Negara Asing) ada. Kalau tidak salah ada tujuh, yang empat kami tangkap, tiga belum tertangkap,” katanya. (boy/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top