Isu Match Fixing Muncul di PIala Jenderal Sudirman – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Bola

Isu Match Fixing Muncul di PIala Jenderal Sudirman

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kabar mengejutkan datang lagi dari sepak bola Indonesia. Otoritas sepak bola tertinggi di Indonesia, PSSI menduga operator  Piala Jendral Sudirman dalam hal ini Mahaka terlibat match fixing (pengaturan pertandingan) untuk tujuan tertentu.

Hal tersebut diutarakan oleh Anggota Komite Etik PSSI Haryo Yuniarto. Pria yang juga pengacara itu mengatakan bahwa hasil monitoring dari PSSI indikasikan adanya dugaan Match Fixing dari berbagai bukti yang sudah didapat oleh pihaknya. Haryo mengatakan bahwa dirinya sangat penting menyelediki ini karena PSSI ikut memberikan rekomendasi kepada turnamen tersebut.

“Ada indikasi penyimpangan dan pengaturan hasil pertandingan dari beberapa klub untuk kepentingan pihak ketiga. Dugaan Match Fixing di Piala Sudirman sudah ada bukti dan saksinya, kami sudah pegang,” kata Haryo dalam keterangannya yang dikirim kepada wartawan melalui fasilitas sellular WhatsApp.

Lebih lanjut Haryo mengatakan, PSSI secara resmi akan berkirim Surat sekaligus berkoordinasi dengan Panglima TNI dan panitia tertinggi dari turnamen tersebut. Hal ini dilakukan, imbuh Haryo,  sebagai bentuk tanggung jawab PSSI sebagai otoritas tertinggi sepak bola Indonesia.  ” Karena kami ingin menjaga kemurnian dan sportivitas penyelenggaran Jendral Sudirman,”kata mantan Ketua BOPI itu.

Haryo membeberkan, Ketua Umum PSSI La Nyalla Mahmud Mattalitti telah menginstruksikan Sekjen PSSI Azwan Karim dan jajaran pengurus PSSI yang terkait untuk membantu Panglima TNI dan panitia penyelenggara membersihkan oknum-oknum yang diduga terlibat dalam pengaturan pertandingan untuk kepentingan pihak ketiga.

“Apakah nanti tim tersebut nantinya akan melibatkan Kepolisiaan , sepenuhnya tergantung dari hasil koordinasi antara PSSI dengan Panglima TNI dan Ketua Panitia Penyelenggara,” ucap pria yang masuk sebagai tim pembuat Undang-undang Sistem Keolahragaan Nasional No. 3 tahun 2005 itu.

Turnamen Piala Jenderal Sudirman ini diadakan untuk merayakan HUT ke-70 TNI, dan babak penyisihannya dilaksanakan di tiga kota yaitu Gianyar (Bali), Malang dan Sidoarjo. Turnamen ini digelar mulai 14 November 2015 hingga 24 Januari 2016.

Mahaka Sports and Entertainment kembali ditunjuk untuk menggelar turnamen dan total sebanyak 14 klub Indonesia Super League dan satu klub PS TNI turut serta di ajang ini. Klub tersebut adalah Arema Cronus, Bali United, Persipasi Bandung Raya, PSM Makassar, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persela Lamongan, Mitra Kukar, Persipura Jayapura, Sriwijaya FC, Persegres, Pusamania Borneo FC, Surabaya United, Semen Padang, dan PS TNI.(rez)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top