Jatah Klub Liga Inggris di UCL dan Liga Europa Dikurangi? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Jatah Klub Liga Inggris di UCL dan Liga Europa Dikurangi?

FAJAR.CO.ID, LONDON – Status sebagai liga paling glamor yang disandang oleh Premier League terancam hilang tiga musim lagi atau pada musim 2017-2018. Itu jika mereka tidak kunjung memperbaiki performa pada kompetisi Eropa musim ini.

Sebab, Serie A kini menguntit Premier League pada rangking koefisien negara yang digelar oleh UEFA. Koefisien ini penting karena menyangkut jumlah perwakilan klub yang boleh dikeluarkan untuk kompetisi Benua Biru baik itu Liga Champions maupun Europa League.

Dalam keluaran terbaru per 26 November kemarin, Inggris sebagai operator Premier League berada di peringkat ketiga atau batas terakhir zona empat klub dengan mengantongi 70.284 poin.

Sementara Italia yang menjadi induk Serie A berada di rangking empat dengan mengumpulkan 67.439. Kedua negara hanya berselisih 2.845 angka. Keberhasilan Serie terutama ditentukan dari performa mereka selama musim lalu dan musim ini.

Di musim lalu, mereka mampu mengumpulkan 19.000 poin berbanding 13.571 yang dikoleksi oleh Premier League berkat prestasi mengangumkan para wakilnya di level Eropa.

Di Liga Champions, Juventus kembali ke performa aslinya sebagai salah satu kekuatan tradisional Benua Biru setelah menapak ke fase final sebelum dihentikan Barcelona dengan skor 1-3.

Sementara di Europa League, Napoli dan Fiorentina memberikan kejutan dengan menembus babak empat besar. Sayangnya, Napoli dihentikan wakil Ukraina Dnipro Dnipropetrovsk, sedangkan Fiorentina dikandaskan juara bertahan Sevilla dengan agregat telak 0-5.

Bagimana dengan para wakil Negeri Ratu Elizabeth? Di Liga Champions, tidak satu pun tim Inggris yang berhasil menembus babak perempat final. Tiga klub Premier League, Arsenal, dan Manchester City kalah oleh Borussia Dortmund, Paris Saint-Germain, dan Barcelona. Adapun di Europa League, hanya Everton yang mampu menembus fase 16 Besar sebelum ditundukkan Dnipro dengan agregat 4-6.

Di musim ini, Italia juga unggul atas Inggris dalam perolehan poin karena menorehkan 8.500 angka, sementara Inggris ‘hanya’ 8.250. Hal ini salah satunya tak lepas dari keberhasilan Juventus menumbangkan Manchester City 1-0.

Sementara itu, Bundesliga Jerman berhasil menyalip Premier League di posisi kedua dengan 73.320. Sementara La Liga Spanyol masih kukuh di puncak dengan total angka yang dikumpulkan 93.999. (apu/jpg)

loading...
Click to comment
To Top