KPK Didesak Usut “Papa Minta Saham” – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

KPK Didesak Usut “Papa Minta Saham”

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Koalisi lintas perguruan tinggi yang tergabung dalam Gerakan Anti-Korupsi (GAK) mendesak KPK mengusut dugaan pelanggaran hukum dalam pencatutan nama presiden terkait perpanjangan kontrak PT Freeport.

Sejumlah massa yang terdiri atas alumni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Universitas Gajah Mada (UGM) mendatangi KPK, Jumat (27/11) untuk menyampaikan tuntutan soal nya terkait hal tersebut.

‎Koordinator, GAK Rudy Johanes menyatakan, Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) harus mengusut tuntas kasus dugaan pelanggaran etika dalam kasus yang dikenal dengan istilah Papa Minta Saham itu. “Dan membuktikan siapa pemilik suara di rekaman itu,” kata Rudy saat berorasi di depan gedung KPK, Jumat (27/11).

Selain itu, GAK juga meminta Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk mengajukan kasus itu ke aparat penegak hukum. Rudy menambahkan, aparat penegak hukum juga semestinya proaktif mengusut kasus itu.

“Kepada aparat penegak hukum, kepolisian, KPK, dan kejaksaan untuk memproses kasus dengan tuntas sesuai undang-undang yang berlaku,” ujar dia seraya menegaskan bahwa GAK berkomitmen akan terus mengawal pemeriksaan yang akan dilakukan KPK.

Sedangkan pelaksana harian (Plh) Kabiro Humas KPK Yuyuk Andriati mengatakan, tuntutan GAK itu akan diteruskan ke pimpinan di lembaga antirasuah tersebut. Menurutnya, langkah GAK itu merupakan bentuk kepedulian atas pemberantasan korupsi.

“Setiap yang baru dan aktual, GAK selalu mendukung. Terima kasih kami ucapkan,” kata Yuyuk. (put/JPG)

To Top