Lima Calon Daftar jadi Presiden Persija – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Bola

Lima Calon Daftar jadi Presiden Persija

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pendaftaran bakal calon presiden Persija periode 2015–2016 resmi ditutup tengah malam tadi pukul 23.59 atau bertepatan dengan masuknya usia ke-87 Persija.

Sebanyak lima kandidat bakal meramaikan perebutan kursi Persija satu. Sekretaris Komite Pemilihan Budiman Dalimunthe menjelaskan, pendaftaran yang dibuka selama lima hari (22–27 November) tersebut memunculkan lima kandidat. Tiga di antaranya merupakan muka baru. Sisanya muka lama.

Kandidat yang tergolong muka baru adalah Effendi Gazali, Harvick Hasnul Qolbi, dan Dede Sulaiman. Sementara itu, muka lama adalah incumbent Ferry Paulus dan Ketua Yayasan Persija Muda Kusheri Hafsari.

’’Effendi, Harvick, dan Dede mengambil formulir melalui perwakilan. Sementara itu, Pak Ferry dan Pak Kusheri dicalonkan tim internal Persija,’’ tutur Budiman saat ditemui Jawa Pos di kantor Persija Jumat (27/11).

Ketua umum PS Menteng Yunior tersebut menambahkan, setelah pendaftaran ditutup, para calon akan menjalani proses verifikasi. Rencananya, proses itu berjalan pada 1–3 Desember. Budiman menjelaskan, pada tahap tersebut, semua berkas para kandidat akan diperiksa secara detail.

’’Misalnya, memeriksa CV (curriculum vitae). Kalau ada yang belum, kami akan tagih dan harus dipenuhi. Jika tidak bisa, ya gugur,’’ tegasnya.

Setelah lolos dari verifikasi, para calon presiden Persija akan menjalani proses interview pada 5–8 Desember. Pada tahap ini, para kandidat akan dihadapkan dengan rumusan program presiden Persija periode 2015–2019 yang tertuang dalam Basic Print Persija, Spirit to Basic. Budiman menjelaskan, salah satu rancangan dalam bundelan tebal itu adalah kesanggupan presiden Persija dalam menjalankan roda kompetisi internal.

’’Kalau nggak sanggup, gugur,’’ terangnya.

Sementara itu, Presiden Persija Periode 2011–2015 Ferry Paulus melihat atmosfer pesta demokrasi tersebut sangat meriah. Menurut dia, para pendaftar yang berasal dari berbagai unsur adalah orang-orang hebat dengan reputasi bagus. Dengan hadirnya muka-muka baru di bursa pencalonan itu, Ferry menilai tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut menjadi daya tarik banyak orang.

’’Ya, Persija masih menjadi magnet yang kuat,’’ tuturnya.

Meski demikian, pria kelahiran 22 Mei 2964 itu tetap optimistis bisa melewati pesta demokrasi yang digelar pada 12 Desember tersebut dengan baik. Ya, mantan anggota Komite Eksekutif PSSI itu percaya dapat kembali terpilih sebagai orang nomor satu di Persija. ’’Dalam menjalani hidup ini, saya selalu optimistis dalam segala hal,’’ terang mantan chef de mission tim nasional PSSI U-14 ke Malaysia tersebut.

Meski demikian, sebagai calon incumbent, mantan general manager marketing Astra Group itu belum dapat memaparkan perubahan yang akan diberikan jika terpilih sebagai presiden Persija periode 2015–2019. Menurut dia, hal tersebut masih terlalu prematur untuk diumumkan ke publik.

’’Terkait program, kita tunggu saja dalam beberapa hari ke depan ya,’’ tegas pengusaha asal Manado, Sulawesi Utara, itu.

Yang jelas, tugas siapa pun yang terpilih sebagai presiden Persija pada 12 Desember sangat berat. Selain harus membenahi manajemen serta memutar kompetisi internal, tuntutan suporter (The Jakmania) yang ingin melihat klub kebanggaan kembali merengkuh gelar juara setelah 2001 akan menjadi tugas yang tak bisa dielakkan. (fiq/co3/ali/jpg)

To Top