Tiga Anggota Baru dari Fraksi Golkar di MKD Ini Diduga Langgar Tatib – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Politik

Tiga Anggota Baru dari Fraksi Golkar di MKD Ini Diduga Langgar Tatib

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Hanura, Sarifuddin Sudding mengendus adanya kejanggalan terhadap tiga anggota baru Mahkamah Kehormatan DPR (MKD) dari Fraksi Partai Golkar. Sebab, ada dugaan pelanggaran tata tertib dengan tiga anggota baru FPG di MKD.

Dugaan pelanggaran tata tertib DPR itu karena tiga anggota FPG yang duduk di MKD ternyata merangkap di alat kelengkapan dewan (AKD) lainnya. Mengacu Tata Tertib DPR, pada pasal 8 ayat (1) disebutkan bahwa anggota dewan hanya dapat merangkap sebagai salah satu anggota di AKD yang bersifat tetap, kecuali di Badan Musyawarah (Bamus).

“Itu tidak boleh dirangkap. Kalau di komisi dan AKD (dirangkap, red) tak masalah. Komisi dengan komisi tak boleh, AKD dengan AKD juga tak boleh,” katanya, Jumat (27/11).

Sudding yang duduk di MKD itu menambahkan, karena tatib DPR tak memungkinkan anggota ataupun pimpinan MKD merangkap di AKD lainnya, maka FPG perlu mencermatinya. “Kalau di tatib itu tak boleh,” lanjutnya.

Karenanya, Sudding akan meminta pimpinan MKD meminta konfirmasi dari FPG tentang anggotanya yang baru saja ditempatkan di MKD.  “Paling tidak MKD mengonfirmasi ke fraksinya soal posisi orang-orang itu di AKD sebelumnya,” cetus Sudding.

Sebelumnya, FPG pada Kamis (26/11) menarik tiga anggotanya di MKD. Yakni Hardisusilo, Budi Supriyanto dan Dadang S Muchtar. Selanjutnya, Golkar memasukkan Kahar Muzakir, Adies Kadir dan Ridwan Bae. (ara/JPG)

loading...
Click to comment
To Top