Astaga! di Italia, Mesjid dan Mushola Ditutup Pemerintah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Astaga! di Italia, Mesjid dan Mushola Ditutup Pemerintah

FAJAR.CO.ID, ITALIA- Teror Paris sukses menjalarkan paranoia di Benua Biru. Tidak terkecuali Italia. Negeri Menara Pisa itu tidak mau menjadi target teroris seperti Prancis. Maka, selain melipatgandakan pengamanan, pemerintahan Perdana Menteri (PM) Matteo Renzi mempertegas sejumlah aturan. Termasuk aturan tentang rumah ibadah.

Jumat (27/11) waktu setempat, Menteri Dalam Negeri Angelino Alfano mengumumkan keputusan pemerintah untuk menutup rumah ibadah yang tidak berizin. Khususnya masjid.

“Di Italia, kami punya empat masjid besar dan sekitar 800 tempat ibadah muslim. Nah, tempat ibadah yang tidak punya izin terpaksa kami tutup,” ujarnya pada AFP.

Pengetatan itu, menurut dia, wajib dilakukan. Sebab, Italia tidak mau kecolongan. Dengan hanya mengawasi masjid dan tempat ibadah yang resmi, tugas pemerintah akan lebih ringan dan fokus.

“Sama sekali tidak ada niat kami untuk mengebiri hak kaum muslim untuk beribadah. Tapi, aturan harus ditegakkan,’’ tandasnya.

Dia berharap aturan tersebut tidak membuat umat muslim Italia bergolak. Pemerintah, tegas dia, tidak ingin menghalangi kaum muslim beribadah. Tetapi, demi keamanan dan kenyamanan bersama, dia mengimbau umat muslim Italia hanya beribadah di masjid-masjid yang resmi. Yakni, yang benar-benar berfungsi sebagai tempat ibadah.

Italia, terutama Roma, sudah beberapa kali disebut militan Negara Islam (IS alias ISIS) sebagai target serangan mereka sebelumnya. Amerika Serikat (AS) juga berkali-kali memperingatkan Italia tentang adanya kemungkinan serangan teror tersebut. Sebab, Italia merupakan salah satu negara yang mendukung koalisi antiteror di perbatasan Syria.(hep/jos/jpnn)

Click to comment
To Top