Jangan Panik jika Anak Anda Mimisan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Jangan Panik jika Anak Anda Mimisan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Orang tua dianjurkan untuk tidak cepat panik dan tetap tenang bila mendapati anaknya dalam keadaan mimisan. Hal itu ditegaskan Dokter spesialis anak Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo (RSWS), dr Bob Wahyudin SpA(K).

“Langkah awal apabila orang tua melihat anaknya mimisan ya jangan panik. Orang tua sebaiknya segera mendinginkan kepala anaknya dengan siram air, atau masukkan gulungan daun sirih ke hidung,” ujar Bob, di kantornya, pekan lalu.

Cara lainnya, memasukkan cotton bud untuk menyerap darahnya. “Mimisan atau epistaxis tidak terlalu bahaya. Banyak dialami pada masa anak-anak,” bebernya.

Hanya saja, Bob menganjurkan agar para orang tua bisa membawa anaknya ke dokter untuk segera dicari tahu penyebab mimisannya. Jangan sampai ada alergi menyertai.

“Bagus juga agar anak dibiasakan makan buah-buahan yang mengandung vitamin C karena bagus untuk memperkuat pembuluh darah,” ujar pria penyuka ikan koi ini.

Mimisan dengan darah yang terus keluar bahkan banjir jelas berbahaya. Penanganan yang bisa dilakukan seperti menekan hidung bagi yang tidak terlalu berat. Tetapi kalau berat langsung saja dibawa ke dokter.

Click to comment
To Top