Kampar Diterjang Banjir Bandang – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Kampar Diterjang Banjir Bandang

FAJAR.CO.ID, KAMPAR – Banjir bandang merendam ratusan unit rumah di wilayah Kamparkiri, Riau. Ratusan hektare perkebunan warga dilaporkan rusak.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Riau Pos (Jawa Pos Group), banjir melanda wilayah Kamparkiri pada Kamis (26/11) karena meluapnya Sungai Subayang. Air mulai surut pada Jumat (27/11)
.
Namun begitu air surut, warga mendapati pemandangan yang menyedihkan, dimana banyak perkebunan warga yang rusak. Karet yang dalam tempurung setelah dideres pun hanyut oleh banjir.

”Beberapa perkebunan yang rusak antara lain seperti kebun sawit, jeruk dan cabe yang masih baru ditanam,’’ucap Kepala Desa Kuntu Kecamatan Kamparkiri, Nasyaruddin.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kampar melalui Kasi Kedaruratan Muhammad Nasir SE mengatakan bahwa jumlah rumah warga yang sempat terendam antara lain Desa Padang Sawah sebanyak 42 Kepala Keluarga (KK), Desa Kuntu 467 KK, Teluk Paman 75 KK, Teluk Paman Timur 34 KK.

Kepala Dinas  Sosial Tenaga Kerja (Disosnaker) Kampar Kamaluddin melalui Kasi Bantuan Bencana H Asri  menyampaikan bahwa dari hasil laporan tim di lapangan, diketahui banjir juga melanda daerah Kecamatan Gunung Sahilan.

Pada Sabtu (28/11), air masih menggenangi Desa Sahilan Darussalam sebanyak 85 unit rumah dan Desa Gunung Sahilan sebanyak 95 unit. Debit air naik ke pemukiman warga mencapai satu hingga 1,2 meter.

“Untuk tahap pertama, bantuan yang sudah dikirim yaitu ikan kaleng sebanyak 209 kaleng,” katanya.(rp/afz/JPG)

loading...
Click to comment
To Top