Ketegangan Berlanjut, Rusia Jatuhkan Sanksi Ekonomi terhadap Turki – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hiburan

Ketegangan Berlanjut, Rusia Jatuhkan Sanksi Ekonomi terhadap Turki

FAJAR.CO.ID, MOSKOW — Buntut penembakan pesawat tempur Rusia oleh Turki di perbatasan Suriah pada hari Selasa lalu, terus belanjut. Rusia akhirnya menjatuhkan paket sanksi ekonomi terhadap Turki, Sabtu wib, 28 November 2015.

Presiden Rusia Vladimir Putin yang menandatangani langsung surat keputusan penjatuhan sanksi tersebut.

Sanksi ekonomi yang dijatuhkan itu mencakup soal pembatasan impor dari Turki, pekerja Turki di Rusia, dan warga Turki yang bekerja untuk perusahaan-perusahaan Rusia. Selain itu, Rusia juga menyerukan mengakhiri penerbangan charter antara kedua negara.

Hubungan ekonomi kedua negara sebelumnya memabg terbilang erat. Rusia salah satu mitra dagang terbesar Turki. Turki salah satu destinasi wisata favorit warga Rusia. Tahun lalu, tercatat lebih dari tiga juta wisatawan asal Rusia berkunjung ke Turki.

Karena ketegangan pasca penembakan jet Rusia, Pemerintah Rusia akhirnya meminta pengelola jasa wisata untuk tidak menjual paket wisata ke Turki sementara waktu. Kementerian Luar Negeri Rusia juga memperingatkan warganya agar tak berkunjung ke Turki hingga ‘situasi menjadi jelas’.

Sebelumnya, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menolak meminta maaf kepada Rusia terkait penembakan jet tempur Rusia. Sebaliknya, Erdogan sempat menyebut Rusia ‘bermain api’ dengan terlibat dalam operasi militer di Suriah terkait kelompok militan ISIS. (bs)

loading...
Click to comment
To Top