KSAU Dinilai Rendahkan Potensi Anak Bangsa – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

KSAU Dinilai Rendahkan Potensi Anak Bangsa

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pernyataan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Agus Supriatna yang menyebut PT Dirgantara Indonesia (PT DI) tidak bisa memproduksi sayap pesawat terbang dikritik Anggota Komisi I DPR, Charles Honoris. Politikus PDI Perjuangan itu menilai KSAU telah merendahkan potensi anak bangsa.

Pernyataan tersebut diungkapkan KSAU beberapa waktu lalu, sebagai alasan mengapa TNI AU lebih memilih untuk membelI helikopter kepresidenan jenis Agusta Westland AW-101 dari Italia, ketimbang Super Puma yang diproduksi PT DI.

“Itu statement yang berlebihkan (dari KSAU) dan merendahkan kemampuan anak bangsa,” kata Charles saat dihubungi, Minggu (29/11).

Charles menilai pernyataan Agus Supriyatna tersebut aneh, mengingat dia juga komisaris utama PT DI. Seharusnya, sebagai petinggi PT DI, KSAU bisa menghargai karya-karya anak bangsa.

“Saya sangat menyangkan pernyataan KSAU, apalagi dia Komisaris Utama PT DI. Seharusnya mepunyai kepercayaan yang lebih tinggi kepada perusahaan BUMN,” ujarnya.

Charles menambahkan, selama ini ada beberapa perusahaan asing yang telah menggunakan jasa PT DI dalam membuat komponen pesawat terbang. Hal itu jelas merupakan prestasi terbesar yang ditorehkan oleh anak bangsa.

Sebelumnya, KSAU Marsekal TNI Agus Supriatna menegaskan pihaknya tetap memilih helikopter AW-101 dalam rangka memberi pelayanan terhadap kepala negara serta tamu negara. Keputusan tidak menggunakan produk PT DI jenis EC-725 telah melalui proses kajian.(fat/jpnn)

Click to comment
To Top