OSIS Jabodetabek Dikumpulkan TNI – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

OSIS Jabodetabek Dikumpulkan TNI

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kata siapa anak sekarang tidak bisa diatur dan tidak bisa dekat dengan tanah air ? Hal tersebut nampaknya salah. Buktinya, resimen Induk Daerah Militer Jayakarta (Rindam Jaya) menggelar pengaderan anak bangsa dalam meningkatkan militansi terhadap bangsa dan negaranya, Sabtu (28/11).

Acara yang bertajuk “Cerita Cinta Tanah Air Indonesia” tersebut dihadiri oleh 300 peserta dari seluruh pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) tingkat SMA di Ibu Kota DKI Jakarta.

Asisten Teritorial KSAD Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) untuk menyiapkan kader pemimpin bangsa di era globalisasi. Pasalnya, jika ancaman negatif globalisasi tidak diantisipasi, maka mengancam generasi muda seperti penyalahgunaan narkoba, tawuran, hingga hilangnya karakter dari suatu bangsa.

“Ini diperlukan aksi preventif untuk mencegah keberlanjutannya (dampak negatif), sebagai identitas dalam lingkup nasional Indonesia guna menuntut kecerdasan dan inovasi yang tinggi bagi generasi penerus bangsa,” kata Kustanto

Masih kata Kustanto, dalam menggelar acara ini, pihaknya juga bekerja sama dengan Planet Inovasi. Kegiatan cinta Indonesia ini, dapat menumbuhkembangkan semangat kebangsaan bagi anak bangsa untuk mampu mengidentifikasi permasalahan minimal di ruang lingkupnya masing-masing. Kelak, harap Kustanto, mereka bisa menjadi pemuda unggul, berkapasitas, berkarakter serta memiliki daya saing di kancah internasional.

“Sehingga revolusi mental bisa relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju, dan berpikir positif, serta tidak mudah menyerah, tanggung jawab, dan selalu melakukan hal yang terbaik untuk bangsa,” tutupnya.

Selain itu, inovasi merupakan salah satu kunci penting untuk mengembangkan  keunggulan daya saing. Hal itu memerlukan dukungan ekosistem inovasi yang kondusif dan terintegrasi dari semua pihak. Generasi muda harus  berperan menggerakkan inovasi untuk meningkatkan kemandirian bangsa, Demikian benang merah acara cerita inovasi Tanah Air Indonesia yang  diselenggarakan oleh Staf Terotorial TNI Angkatan Darat bekerja sama dengan Yayasan Planet Inovasi di Aula NKRI, Rindam Jaya, Jakarta, Sabtu  (28/11).

”Peran pemimpin yang inovatif juga diperlukan mulai dari tatanan  pimpinan nasional dan daerah dengan menjadikan inovasi sebagai pola pikir dan pola tindak,”ujarnya.

Model kepemimpinan inivatif, lanjutnya, bisa dilakukan dengan memperbaruhi struktur organisasi pemerintah agar memiliki kemampuan dan
fleksibilitas dalam berinovasi serta menghadapi tantangan-tantangan strategi di masa depan.

”Inilah kesempatan bagi generasi muda, calon pemimpin bangsa masa depan untuk terus berinovasi dalam bingkai cinta Tanah Air dan peduli terhadap lingkungan sekitar,” tambahnya.

Ketua Umum Yayasan Planet Inovasi Avanti Fontana menambahkan ekosistem inovasi yang kondisuf mendorong terjadinta jejaring kerja sama inovasi di antara seluruh komponen bangsa untuk menghasilkan dan memanfaatkan karya-karya inovasi bagi kehidupan bangsa.

”Lingkungan yang kondusif memungkinkan interaksi dan kolaborasi antarpelaku inovasi nasional, yaitu pemerintah, bisnis, industri, lembaga riset, dan universitas, serta masyarakat,” kata Avanti yang mengajar Manajemen dan Strategi Inovasi Universitas Indonesia.

Avanti menjelaskan acara Cinta Indonesia yang diikuti 300 pengurus OSIS setingkat SLTA se Jakarta ini bertujuan untuk menyebarkan virus inovasi bagi kalangan pemuda pelajar agar selalu bersemangat mencari kebaruan dan keluar dari belenggu zona nyaman di lingkungannya.

”Dengan ini para pemuda pelajar mengadopsi tradisi baru yaitu membiasakan pembaharuan dan memperbaharui kebiasaan dalam berinovasi
melalui berbagai kisah dan cerita kebangsaan,” imbuh Avanti.(Jpnn)

loading...
Click to comment
To Top