Ribuan Surat Suara di Lampung Rusak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Ribuan Surat Suara di Lampung Rusak

FAJAR.CO.ID, LAMPUNG – Selama tiga hari pelipatan, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Lampung Tengah menemukan 1.736 lembar surat suara rusak. Total yang sudah dilipat 780.000 surat suara dan ditargetkan besok (hari ini) selesai.

Komisioner KPU Lamteng Irawan Indrajaya mengatakan bahwa surat suara yang sudah dilipat petugas selama tiga hari ini mencapai 780.000. “Surat suara yang ditemukan rusak mencapai 1.736. Surat suara yang rusak ini akan dibuatkan berita acara. Selanjutnya segera minta pergantian pada pihak ketiga sebagai penyedia kertas suara. Kita targetkan besok (hari ini)proses pelipatan surat suara selesai. Kita lembur,” katanya.

Setelah pelipatan surat suara selesai, kata Irawan, pihaknya akan melakukan packing. “Kita targetkan selesai tiga packing. Setelah di-packing, dilanjutkan distribusi ke panitia pemilih kecamatan (PPK),” ujarnya.

Dalam pendistribusian surat suara, kata Irawan, dilakukan dalam tiga tahap. “Diutamakan di daerah yang paling jauh dan sulit dijangkau. Begitu juga persiapan lainnya sudah mulai berjalan. Seperti alat kelengkapan TPS sudah didistribusikan mencapai 95 persen,” ungkapnya.

Komisioner KPU Lamteng lainnya, Doddy Syakhrun Tanjung, menambahkan bahwa surat suara yang rusak disebabkan salah cetak. ”Ini karena salah cetak. Ada yang gambarnya dobel. Tidak sempurnalah. Kita akan buatkan berita acara. Kita akan kembalikan ke percetakan dan minta diganti dengan yang baru,” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, KPU Lamteng diminta benar-benar ekstrateliti dalam hal melakukan pelipatan surat suara. Hal ini ditegaskan Komisioner KPU Lampung Divisi Logistik Solihin saat meninjau kesiapan logistik Pilkada Lamteng.

Menurut Solihin, pelipatan surat suara ini penting karena salah dalam packing itu berisiko kepada teman-teman penyelenggara di bawah. ”Pelipatan surat suara harus benar-benar ekstrateliti. Kita juga minta tolong aparat kemanan mengawal,” katanya.

Solihin menambahkan, pihaknya juga meminta KPU Lamteng dapat memprioritaskan pendistribusian logistik pilkada ke wilayah yang sulit dijangkau. ”Untuk wilayah yang sulit dijangkau, tolong diprioritaskan. Pengirimannya harus didahulukan. Jangan disamakan dengan wilayah yang mudah dijangkau,” tegasnya.

Dari pantauan, kata Solihin, logistik untuk Lamteng secara keseluruhan sudah siap. ”Nanti malam sudah sampai surat suara. Semua formulir sampul sudah sampai. Perlengkapan kebutuhan di TPS sudah siap. Saya kira Lamteng siap,” ucapnya.

Sekadar diketahui, KPU Lamteng mencetak sebanyak 1.005.596 lembar surat suara yang digunakan dalam Pilkada 9 Desember 2015. Hal ini berdasarkan DPT sebanyak 981.069 lembar ditambah 2,5 persen. (sya)

To Top