Angin Kencang Terjang Tiga Kecamatan di Cilacap, Puluhan Rumah Rusak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Angin Kencang Terjang Tiga Kecamatan di Cilacap, Puluhan Rumah Rusak

FAJAR.CO.ID, CILACAP – Angin kencang menerjang puluhan rumah warga di Kecamatan Cipari dan Sidareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Minggu (29/11) siang. Peristiwa ini dirasakan warga Desa Pegadingan, Segaralangu, Serang, Kecamatan Cipari. Kemudian Desa Tinggarjaya, Gunungreja dan Kunci, Kecamatan Sidareja.

Informasi yang diterima Radar Banyumas (Fajar.co.id Group) menyebutkan, angin kencang terjadi saat hujan deras hingga pohon bertumbangan. Sejumlah pohon tumbang menimpa rumah warga hingga mengalami kerusakan.

“Pohon tumbang mengenai dapur rumah,” ujar Alfian, warga Desa Segaralangu kepada Radar melalui pesan singkat.

Akibat terjangan angin kencang tersebut, puluhan rumah mengalami kerusakan. Namun dia belum bisa memastikan sejauh mana tingkat kerusakan pada tiap rumah warga. “Informasinya ada 22 rumah rusak,” katanya.

Kepala UPT Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidareja, Agus Sudaryanto belum bisa memastikan jumlah rumah rusak akibat kejadian tersebut. Dia hanya mengatakan saat ini pihaknya masih melalukan pendataan.

Untuk sementara, rumah warga mengalami kerusakan ringan seperti dapur rusak dan lainnya. “Kita masih melakukan pendataan. Nanti kalau sudah selesai saya kabari,” katanya melalui sambungan telepon.

Sebelumnya, hujan deras disertai angin kencang juga melanda Desa Dayeuhluhur, Kecamatan Dayeuhluhur, Cilacap. Peristiwa tersebut terjadi pada Jumat (27/11) petang, sekitar pukul 17.30.

Kepala Desa Dayeuhluhur, Raswa Zaenal mengatakan, ada 10 rumah warga yang mengalami kerusakan. Lokasinya di Dusun Cilulu, Ciparahu dan Dayeuhluhur. “Ada empat rumah yang rusak berat. Kalau yang lainnya tergolong ringan,” katanya.

Pasca kejadian, sejumlah warga langsung melakukan kerja bakti untuk memperbaiki rumah rusak. “Kita sudah laporkan ke BPBD,” ujarnya. (har/ttg/hsn/JPG)

To Top