KPK Jangan “Impoten”! Segera Tuntaskan Kasus Pilkada Buton – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

KPK Jangan “Impoten”! Segera Tuntaskan Kasus Pilkada Buton

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Direktur Centre For Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk segera menyelesaikan kasus sengketa Pilkada yang melibatkan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar.

Dari sembilan kasus sengketa Pilkada tersebut, masih tersisa satu kasus dugaan suap yakni Pilkada Kabupaten Buton yang menjerat Bupati Buton, Samsu Umar Abdul Samiun yang sampai saat ini belum jelas penanganan kasusnya.

“Perkara itu (Pilkada Buton) secepatnya harus ditinjaklanjuti oleh KPK. Jangan lama-lama dong,” ujar Uchok yang dikonfirmasi Fajar.co.id, Minggu (29/11).

Uchok menjelaskan, KPK saat ini terkesan mengulur-ulur waktu dalam proses penyelesaian kasus dugaan suap dalam sengketa Pilkada Buton ini. Seharusnya, lanjut Uchok, kasus Pilkada Buton ini harus menjadi fokus para penyidik KPK.

“Ungkap kembali kasus ini agar tidak jadi kecurigaan publik,  atau KPK tidak melakukan diskriminasi,” jelasnya.

Olehnhya itu, Uchok berharap KPK segera mengusut kasus sengketa Pilkada Buton. “Kenapa KPK bisa impoten seperti itu? KPK ini bisa dianggap masuk angin, harusnya KPK bisa fokus terhadap sembilan sengketa Pilkada itu. Harusnya bisa diselidiki,” tandasnya.

Sebelumnya, Plt Pimpinan KPK Johan Budi SP mengatakan pihaknya saat ini masih konsentrasi dalam menangani kasus sengketa Pilkada Provinsi Empat Lawang dan belum sampai pada sengketa Pilkada Buton.

“Ini pengembangan kasusnya Akil, yang dikembangkan baru Empat Lawang, belum selesai,” kata Johan di kantornya, Jalan Rasuna Said, Jakarta, Jumat (27/11).

Namun, Johan menambahkan apabila nantinya ada perkembangan dari kasus yang sedang penyidik KPK dalami menemukan minimal dua alat bukti yang kuat, kemungkinan besar kasus tersebut akan ditangai langsung oleh lembaga antirasuah. “Sepanjang ada bukti kuat, termasuk dari putusan inkrah,” tambahnya. (fajar.co.id)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top